Biaya Haji Plus 2019

Biaya Haji Plus, Biaya ONH Plus
Calon jemaah haji reguler biasanya harus menunggu waktu yang cukup lama untuk bisa berangkat haji. Masalah ini bisa diselesaikan dengan haji plus, dan berikut ini merupakan biaya haji tersebut

Kita semua pasti sudah tentu sadar jika ibadah merupakan hal yang penting dan merupakan bagian paling sakral terkait hubungan manusia dengan sang penciptanya. Begitupun dengan umat muslim. Dan salah satu media atau cara yang dapat lebih mendekatkan diri antara hamba dan penciptanya bagi umat Islam adalah melalui ibadah haji.

Ibadah haji menjadi salah satu dari rukun Islam yang merupakan suatu kewajiban bagi umat Islam. Diharapkan mengerjakan atau melaksanakannya jika mampu. Hukum untuk melaksanakan ibadah haji ini adalah fardu β€˜ain dimana wajib bagi setiap muslim yang mampu untuk melaksanakannya. Haji membutuhkan banyak persiapan dan salah satunya adalah perihal besaran biaya haji.

Setiap tahunnya, keinginan dan kemauan jamaah haji di Indonesia seiring bertambah tinggi. Dan hal inilah yang menyebabkan peminat jamaah haji di Indonesia juga turut meningkat. Namun, untuk berangkat haji disamping biaya haji yang harus disiapkan, calon jemaah haji harus menunggu waktu yang cukup lama untuk bisa berangkat haji. Masalah ini bisa diselesaikan dengan haji plus, dan berikut ini merupakan ulasan mengenai biaya haji plus 2019.

Apa itu Haji Plus?

Haji plus atau yang biasanya disebut sebagai Haji ONH Plus merupakan bentuk pelaksanaan ibadah haji yang dilakukan secara khusus. Jadi, dalam melaksanakan ibadah haji ini para jamaah haji plus mendapatkan keistimewaan secara teknis dan administratif dibandingkan dengan jamaah haji reguler. Namun, disamping keistimewaan tersebut biaya haji yang dikeluarkan juga akan lebih besar.

Keistimewaan yang didapatkan oleh jamaah haji plus yang paling menonjol adalah pada masa tunggu keberangkatan mereka yang tentu saja lebih cepat dari jamaah reguler biasa. Seperti yang kita tahu bahwa untuk jamaah reguler, mereka harus menunggu dalam waktu yang lama untuk melaksanakan ibadah haji. Kadang kala bahkan harus menunggu puluhan tahun, namun memang biaya haji yang mereka keluarkan lebih murah dari pada haji plus.

Jika mendaftarkan diri untuk haji dengan haji plus, maka maksimal waktu tunggu yang harus Anda dapatkan adalah selama 5 tahun. Selain itu, fasilitas yang jamaah haji plus dapatkan seperti penginapan, akomodasi, konsumsi, dan koordinasi kelompok haji juga terbilang lebih baik daripada jamaah haji reguler.

Selain itu, haji plus dan haji reguler juga berbeda dari durasi lamanya di tanah suci. Untuk haji reguler, durasi dibagi menjadi 2 yaitu Arbain dan Non-Arrbain.durasinya 26 hari. Sementara itu, jika menggunakan layanan haji plus, durasi yang diperoleh oleh jamaah haji plus akan lebih singkat yaitu, bisa sekitar 15 hingga 19 hari.

Memang biaya haji yang harus Anda keluarkan tidak sedikit akan tetapi sudah dipastikan akan sangat pas dengan kelebihan yang juga akan Anda dapatkan.

biaya onh plus, kementrian agama
Ada banyak orang yang sering kali mempertanyakan biaya ONH plus. Hal ini menjadi sesuatu yang wajar. Anda pun bisa mengetahuinya, begitu pula dengan mendapat keuntungan tertentu.

Bagaimana Cara Mendaftarkan diri di Haji Plus?

Cara yang harus Anda tempuh untuk bisa mendaftarkan diri Anda ataupun keluarga pada layanan haji plus terbilang cukup mudah. Hal ini dikarenakan sudah banyak layanan haji yang membuka layanan haji plus di Indonesia. Cukup persiapkan dahulu biaya haji plus, kemudian cari informasi mengenai jasa travel haji atau umrah yang memiliki jaminan resmi atau kredibilitas dari Kementrian Agama. Setelah itu, daftarkan diri Anda ataupun keluarga Anda.

Saat proses pendaftaran berlangsung Anda akan diberikan sebuah formulir pendaftaran untuk Anda isi dan lengkapi. Namun, sebelum itu Anda juga harus mempersiapkan berkas administratif seperti paspor asli, foto kopi Kartu Tanda Penduduk (KTP), foto kopi Kartu Keluarga (KK), kemudian pas foto ukuran 3×4 berwarna sebanyak 35 lembar, dan ukuran 4×6 dengan latar belakang putih sebanyak 15 lembar.

Serta pada saat pendaftaran tersebut Anda diharuskan juga membayar uang muka atau down payment sebesar USD 5000. Segera setelah Anda membayar uang muka maka Anda akan secara otomatis mendapat nomor porsi atau nomor urut dari Kementrian Agama. Sisa pelunasan biaya haji plus bisa Anda bayarkan sesaat Anda mendapatkan tanggal keberangkatan.

Jadi, dari segi cara pendaftaran memang haji plus dan haji reguler tidak memiliki perbedaan yang cukup berarti. Perbedaan yang paling signifikan hanya terletak pada jumlah uang muka atau down payment dari biaya haji plus yang lebih mahal dari pada pendaftaran haji reguler.

Berapa Biaya Haji Plus 2019?

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, bahwa biaya haji plus akan jauh lebih mahal dari pada biaya reguler yang pada umumnya. Namun, memang harga yang Anda keluarkan juga akan terbayar lunas dengan sederet kelebihan yang bisa Anda dapatkan saat menggunakan layanan haji plus.

Pada umumnya, uang muka atau down payment yang harus terlebih dahulu Anda siapkan adalah sebesar USD 5.000. Kemudian, sisa dari pelunasan itu akan Anda lakukan saat Anda sudah mendapatkan tanggal keberangkatan yang pasti. Jumlah pelunasan itu sekitar USD 6.500.

Jadi, jika di jumlah secara keseluruhan maka biaya haji plus yang harus Anda siapkan untuk perorang adalah sebesar USD 11.500. untuk merubah ke dalam rupiah, cukup kalikan dengan kurs rupiah yang berlaku pada hari itu. Namun, hal ini juga bisa berubah tergantung paket haji plus mana yang Anda pilih, karena setiap travel haji memiliki paket yang berbeda.

Biaya haji plus tersebut sudah termasuk beberapa fasilitas yang penting dan krusial seperti akomodasi hotel sesuai dengan paket yang dipilih, kemudian transportasi bus dengan full AC selama Anda berada di Arab Saudi, city tour atau ziarah Makkah dan Madinah dengan didampingi tour guide yang berpengalaman dan berwawasan luas, dan konsumsi makanan khas Indonesia 3 kali sehari.

Selain itu, sebelum keberangkatan para calon jamaah haji plus juga diberikan kemudian bimbingan manasik haji secara intensif sebelum jadwal keberangkatan, gratis air zam-zam sebanyak 5 liter, visa dan airport tax, tiket pesawat PP kelas ekonomi, dan juga perlengkapan yang bisa Anda gunakan seperti koper berukuran besar, hand bag, ihram, mukena untuk wanita, baju koko untuk pria, dan lain-lain.

Namun, biaya haji plus tersebut tidak termasuk untuk biaya kelebihan bagasi (overweight), keperluan yang bersifat pribadi, tour atau ada acara tambahan atas permintaan sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Tanya-Tanya Admin>>