Biaya ONH Plus Dalam Rupiah

Biaya ONH Plus, ONH Plus Dalam Rupiah
Biaya ONH Plus, ONH Plus Dalam Rupiah
Haji khusus dengan biaya ONH Plus dibandingkan dengan haji reguler memang lebih mahal. Tapi tidak perlu bertahun-tahun lamanya untuk menunggu antrian haji.

Menunaikan ibadah haji hukumnya wajib bagi yang mampu, dengan biaya ONH Plus yang tinggi untuk menunaikan ibadah haji tidak menjadi masalah bagi Mereka yang mampu. Rukun Islam yang ke lima yaitu Haji setelah syahadat, sholat, zakat dan puasa.

Menunaikan ibadah haji merupakan bentuk rutinitas setiap tahun sekali yang dilakukan para kaum Muslim di seluruh dunia. Mereka semua datang dan berkumpul menjadi satu untuk melaksanakan kegiatan wajib dalam rukun haji di Arab Saudi pada bulan Dzulhijjah.

Biaya ONH Plus Dalam Rupiah

Penetapan biaya ONH Plus untuk Haji dalam bentuk Rupiah ditentukan oleh komisi VIII DPR RI beserta Kementrian Agama. Mereka berdiskusi dan berunding untuk dapat menetapkan dan menyepakati direct cost dalam rata-rata biaya pelaksanaan ibadah haji setiap tahunnya. Tentang biaya dari hasil keputusan yang didapat bisa menjadi lebih kecil atau lebih besar dari tahun sebelumnya biaya BPIH.

Setelah bersepakat, maka Mereka dengan segera akan menyiapkan atau membuat draft keputusan Presiden yang akan ditandatangi oleh Presiden. Setelah secara resmi Presiden menandatanginya, selanjutnya yaitu menetapkan waktu untuk pelunasan BPIH. Untuk BPIH Reguler dan BPIH biaya ONH plus penetapan ini diberlakukan.

Komponen BPIH  digunakan antara lain untuk airport tax, passenger service dan membayar ticket dan Komponen Indirect Cost juga termasuk didalamnya, Living Allowance dan pemondokan selama di tanah suci.

Selanjutnya dari biaya Indirect Cost dalam komponenya ada juga yang dimanfaatkan untuk antsipasi adanya perubahan USD terhadap nilai mata uang dalam Rupiah serta berbagai hal yang sifatnya Force Majeure.

Biaya ONH Plus Dalam Rupiah

Pada Prinsipnya harga biaya haji plus dari semua Agen Travel Haji dan Umroh mengikuti penetapan biaya ONH Plus dari pemerintah. Biaya ONH Plus yang telah dikeluarkan pada saat ini sebagai berikut:

  • Paket Quard sebesar USD 9.500 untuk satu kamar berempat
  • Paket Triple sebesar USD 10.000 untuk satu kamar bertiga
  • Paket Double sebesar USD 10.500 untuk satu kamar berdua

Sebesar USD 5000 untuk DP atau Down Payment biaya ONH Plus dalam Rupiah jika telah berkomitmen. Maka dari itu, Anda dapat memilih biaya naik haji Reguler atau biaya ONH Plus? Memilih haji Plus atau haji reguler sama saja dapat dilakukan untuk menunaikan ibadah haji. Keduanya mempunyai kekurangan dan kelebihanya masing-masing. Untuk lebih paham, simak uraian lengkapnya berikut ini.

Mana yang mau dipilih? Haji Plus atau Haji reguler?

Waktu antrian dalam daftar naik haji yang semakin lama membuat sebagian Muslim untuk berangkat merasa khawatir. Usia menjadi faktor utama untuk bahan pertimbangan ketika daftar haji disamping soal biaya. Apalagi pemerintah Arab Saudi melalukan pengurangan kuota haji karena renovasi Masjidil Haram, yang berdampat terpotongnya kuota naik haji dari Indonesia. Maka daftar antrian pun akan semakin bertambah lama.

SISKOHAT atau Sistem Antrian Haji yang berlaku untuk Haji secara Reguler perlu bertahun-tahun untuk menunggunya. Menggunakan haji plus ini salah satu alternatif untuk menempuh SISKOHAT dengan waktu yang lebih pendek. Namun biaya ONH Plus tentunya lebih mahal dibandingkan dengan haji secara reguler. Inilah perbedaan keduanya secara umum yang sebaiknya Anda ketahui ketika akan merencanakan biaya untuk naik haji.

Pemerintah akan mengatur langsung tahapan siskohat yang dijalankan program haji reguler. Maka dari itu cukup besar peminatnya dan terbatasnya kuota yang tersedia. Inilah yang membuat lamanya antrian hingga bertahun-tahun dari SISKOHAT haji reguler. Di samping biaya haji reguler jauh lebih terjangkau karena juga pemerintahlah yang langsung mengaturnya, semua keperluan mulai dari persiapan untuk ibadah haji dilaksanakan sampai proses kembalinya ke tanah air semua dikoordinasi dengan pasti dan terstruktur.

Keakraban dari para Jamaah haji satu dengan satunya akan mudah terjalin oleh Jamaah haji reguler. Hal ini karena lamanya proses persiapan, sehingga keakraban saat manasik haji mudah terjalin antar Jamaah. Kelebihan lainnya, melainkan biaya yang terjangkau, haji reguler waktu berada disana lebih lama, yaitu kisaran antara 30-40 hari.

Maka dari itu, setiap Muslim dengan biaya terbatas cocok memilih haji reguler, tetapi waktu yang lama dibutuhkan untuk menunggu antriannya. Haji khusus dengan biaya ONH Plus ini bermula dari kurang memuaskannya pelayanan dari haji reguler, maka membuat haji plus dari berbagai biro penyelenggara haji dan umroh. Fasilitas premium yang ditawarkan bagi pengguna haji plus atau khusus, berbeda dengan haji reguler.

Dimulai dari di hotel saat manasik haji, di hotel saat transit bukan dari asrama haji, hingga di hotel berbintang saat pelayaan akomodasi dengan berkualitas premium makanannya. Fasilitas hotel terbaik, bahkan yang akan ditempati bisa didapatkan yang terdekat dengan Masjid Nabawi maupun Masjidil Haram yang berada di depannya persis. Sebanding dengan biaya ONH Plus yang lebih mahal fasilitas yang didapat dibanding dari haji reguler.

Tapi uniknya, ketika Anda membayar lebih mahal maka akan mendapatkan waktu yang lebih lama di tempat tujuan layaknya berwisata. Tapi ini justru terjadi sebaliknya pada haji khusus karena semakin mahalnya biaya maka semakin cepat di tanah suci. Dalam paket haji khusus dengan biaya ONH Plus untuk 14 hari lebih mahal daripada yang 21 hari disana.

Selain itu juga, tidak selama haji secara reguler SISKOHAT haji khusus. Apapun yang menjadi pilihan Anda, niat merupakan hal terpenting yang perlu dipersiapkan dari awal dan kebutuhan keuangan harus direncanakan sesuai kemampuan calon para Jamaah haji. Untuk menunaikan ibadah haji ke tanah suci perlu persiapan perencanaan keuangan Anda secara matang.

biaya haji dan umroh
Biaya Haji dan Umroh memang terbilang mahal, namun jika dipersiapkan dengan matang Insya Allah akan mudah pergi ke Baitullah

Tips berangkat haji dengan biaya ONH plus

Pastikan jika Anda akan menunaikan ibadah haji menggunakan haji khusus dengan biaya ONH Plus, memilih agen biro yang terpercaya dan memiliki izin resmi dari pemerintah. Bisa mencari melalui berbagai website agen biro yang menawarkan jasa haji plus untuk mendapatkan informasi yang tepat.

Pastikan kualitas dari travel haji plus yang bagus, karena agen biro yang terpercaya akan selalu mengutamakan pelayanan terbaik untuk para jamaahnya. Memastikan juga biaya ONH Plus dalam Rupiah dari penyelenggara haji plus dengan kesesuaian fasilitas yang ditawarkan.

Sebagai penyelenggara haji plus dari biro harus senantiasa meningkatkan koordinasi eksternal dan koordinasi internal bersama pihak Kementrian Agama. Ini tidak lain untuk mewujudkan cita-cita dari para jamaah haji agar menjadi haji yang mabrur dengan layanan terbaik, semoga kenyataan ini segera terwujud bagi calon jamaah haji.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tanya-Tanya Admin>>