Cek Keberangkatan Haji 2019

Cek Keberangkatan Haji 2019, Keberangkatan Haji 2019 Indonesia, keberangkatan haji terbaru 2019

Cek Keberangkatan Haji 2019

Berangkat ke Tanah Suci setiap tahun selalu dijadwalkan. Untuk mengecek keberangkatan haji 2019 pun juga sangat mudah karena sudah masuk dalam agenda tahunan. Pengecekan pun bisa dilakukan secara langsung maupun online.

Ibadah haji yang menjadi rukun ke lima dari rukun Islam ini adalah ibadah impian seluruh kau Muslim. Tidak ada yang tidak ingin menginjakkan kaki di Tanah Suci untuk melaksanakan ibadah yang lebih khusyuk.

Hukum menunaikan ibadah haji ini adalah wajib bagi yang mampu. Untuk itulah bagi Anda yang mampu, memiliki kesempatan lebih luas untuk melaksanakan ibadah haji.

Setelah melakukan pendaftaran sebagai calon jama’ah haji, Anda harus rutin untuk mengecek keberangkatan haji. Selalu cek keberangkatan haji di setiap tahun. Cara mengecek keberangkatan haji 2019 yang paling praktis pun kini sudah tersedia, yakni pengecekan yang dilakukan lewat online. Tinggal buka website Kementerian Agama lalu cek jadwal keberangkatan Haji 2019.

Di dalam website, Sudah ada deadline jadwal terbaru keberangkatan haji yang disediakan oleh Kementerian Agama jika situs yang Anda datangi adalah situs resmi milih Kemenag. Tidak harus datang ke kantor Kemenag. Tetapi kalau situs yang Anda datangi adalah situs penyelenggara haji yang lainnya, maka jadwal keberangkatan haji disediakan oleh si penyelenggara namun tetap sesuai dengan jadwal dari Kemenag.

Cara cek keberangkatan haji secara online lebih mudah melalui akun Kemenag itu sendiri. Tidak perlu proses yang panjang dan tahapan yang rumit. Namun Anda harus memperhatikan satu syarat penting sebelum melakukan pengecekan keberangkatan haji. Syarat ini penting dan tidak boleh dilupakan begitu saja, karena Anda akan mengalami kegagalan pengecekan jika syarat yang hanya satu-satunya ini tidak terpenuhi.

Adapun syarat untuk mengecek keberangkatan haji 2019 ini, yaitu kepemilikan nomer Porsi haji. Ini adalah persyaratan wajib. Kalau belum memilikinya, Anda tidak bisa mengecek jadwal keberangkatan. Bukan hanya itu saja, Anda pun tidak akan mendapatkan informasi haji apapun.

Cara Mengecek Keberangkatan Haji 2019 online

Pengecekan keberangkatan ibadah haji memang terbukti sangat praktis dan mudah jika dilakukan secara online. Tidak perlu khawatir mengatur jadwal untuk datang ke kantor penyelenggara haji atau ke Kemenag. Informasi keberangkatan haji yang And butuhkan pun akan lebih cepat didapatkan jika dicek secara online.

layananmadinahimanwisata

Berikut tahapan mengecek keberangkatan haji 2019  online secara detail :

  1. Masuk website Kemenag di www.hajikemenag.go.id. Alamat website ini sangat mudah untuk dikunjungi. Anda bisa mengunjunginya kapan saja dan di mana saja.
  2.  Anda bisa langsung cek keberangkatan haji 2019. Gunakan nomer Porsi haji Anda untuk mengecek. Kalau belum berhasil, cek jumlah nomer Porsi haji Anda, apakah sudah terdiri dari 10 nomer atau belum.

Di dalam situs Kemenag ini pun juga sudah disediakan jadwal keberangkatan haji di tahun 2019. Anda akan mendapatkan informasi ganda yang sangat penting. Pertama, Anda akan mengetahui kapan berangkat haji, apakah sudah benar ikut kuota haji tahun 2019 atau belum. Kedua mendapatkan perkiraan jadwal keberangkatannya.

Tidak perlu mencari menu lainnya, karena langsung tersedia di bagian kolom “Informasi penting”. Di kolom ini, Anda bisa mendapatkan informasi-informasi yang terbaru seputar keberangkatan haji, salah satunya adalah jadwalnya.

Selain bisa melihat informasi keberangkatan haji dari situs Kemenag, Anda juga bisa melihat informasinya dari situs penyelenggara haji swasta. Sesuai dengan nama penyelenggara dari agen haji yang Anda ikuti. Jadwal keberangkatan haji yang akan Anda dapatkan dari website resmi Kemenag dan dari website swasta tersebut pun akan sama isinya. Semuanya informasi keberangkatan haji 2019 berpusat pada website resmi Kemenag.

Jadwal Keberangkatan Haji 2019

Salah satu tujuan mengecek keberangkatan haji 2019 adalah juga untuk segera mendapatkan jadwal pelaksanaannya. Di mana untuk tahun 2019, para jama’ah haji mulai masuk asrama pada tanggal 6 Juli 2019, sedangkan untuk pemberangkatan jamaah buku dimulai pada tanggal 7 sampai dengan tanggal 26 Juli 2019.

Dengan mengetahui jadwal keberangkatan itu, Anda bisa bersiap-siap sejak awal. Akan sangat tergesa-gesa jika Anda belum mengecek keberangkatan haji 2019 dan ternyata sudah mendekati jadwal keberangkatan.

Jika Anda mengecek keberangkatan haji 2019 dari akhir tahun 2018, maka Anda akan memiliki persiapan yang matang sampai hari H keberangkatan Haji. Masih ada waktu sekitar 7 bulan lagi untuk bersiap-siap.

Manfaat Mengecek Keberangkatan Haji 2019

Selain bisa bersiap-siap, dengan mengecek keberangkatan haji 2019 lebih awal, Anda bisa mendapatkan banyak manfaat. Diantaranya adalah :

  1. Menjadi calon jama’ah haji yang siaga. Di mana hal ini akan menjadi bekal bagi Anda saat sudah berada di Tanah Suci. Dengan menunggu waktu keberangkatan, Anda akan lebih pintar membagi waktu jika sewaktu-waktu Anda terhitung masuk kloter keberangkatan tahun 2019.
  2. Persiapan untuk menjalankan ibadah haji pun lebih matang. Memiliki banyak kesempatan dan waktu untuk menghafalkan doa-doa yang diucapkan saat rangkaian ibadah haji berlangsung. Anda akan lebih fasih karena intensitas menghafal yang lebih banyak.
  3. Lebih menjaga diri. Utamanya adalah menjaga kesehatan tubuh sehingga nantinya Anda akan merasa fresh dalam keberangkatan haji.
  4. Mengecek keberangkatan haji 2019 juga akan melatih Anda untuk melek teknologi. Berasal dari ketidaktahuan tentang website Kementerian Agama online, sekarang menjadi tahu.
  5. Memiliki kepercayaan diri, karena Anda sudah tahu kapan akan berangkat ke Tanah Suci. Bukan hal yang mudah selama masa menunggu jadwal keberangkatan.
  6. Persiapan barang bawaan pun semakin matang, di mana ada banyak barang yang harus dibawa selama menunaikan ibadah haji. Tidak bisa disiapkan secara dadakan. Bahkan persiapan yang sudah bertahun-tahun saja masih ada yang ketinggalan. Dengan mengetahui kapan keberangkatan di kloter haji tahun 2019, Anda bisa mengecek kembali barang bawaan.
  7. Mengadakan tasyakuran doa atas kepastian keberangkatan yang diterima. Di sini Anda bisa menggelar pegajian untuk memperlancar keberangkatan Anda ke Tanah Suci sampai kembali lagi ke Tanah Air.

Setelah mendaftar haji bukan berarti Anda hanya menunggu jadwal keberangkatan di rumah. Sesuai prosedur, nantinya Anda akan dihubungi oleh pihak pelaksanan haji, tetapi ketika sudah dalam waktu dekat. Untuk antisipasinya, Anda bisa mengecek keberangkatan haji sendiri via online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tanya-Tanya Admin>>