Cek Porsi Haji 2019 Indonesia

cek porsi haji, porsi haji online, porsi haji 2019 Indonesia
cek porsi haji, porsi haji online, porsi haji 2019 Indonesia
Cek Porsi Haji bisa dilakukan dengan cara online. Lakukan langsung lewat website kementerian agama dengan mengisikan nomer Porsi Haji. Maka akan muncul jadwal keberangkatan

Sebagai calon jama’ah haji, pastinya Anda sudah familiar dengan istilah porsi haji. Perlu diketahui, porsi haji merupakan salah satu istilah dimana dengan ini seorang calon jamaah haji bisa mengetahui kapan perkiraan dirinya akan berangkat haji. Jika sudah mendapatkan porsi haji, maka cukup masuk ke laman website Kemenag, lalu cek porsi haji untuk mengetahui kapan keberangakatan Anda.

Porsi haji memang istilah yang mungkin dipahami bagi para calon jamaah haji, namun bagaimana dengan yang masih awam atau yang baru ingin mendaftar. Bagi Anda yang masih baru ingin mendaftar juga perlu tahu apa yang dimaksud dengan porsi haji. Ini penting mengingat nomor ini harus dimiliki bagi setiap calon jamaah haji.

Lantas apa itu porsi haji? kenapa harus dicek? Apa pentingnya? Dan bagaimana ngeceknya?

Pertanyaan diatas akan dijawab pada ulasan singkat dibawah ini.

Apa itu Porsi Haji?

Bagi Anda yang masih baru ingin mendaftar menjadi calon jamaah haji, pasti baru mendengar istilah ini. Ya, istilah porsi haji ini merujuk ke nomer keberangkatan haji. Anda tidak perlu memintanya, karena Anda akan mendapatkannya langsung saat melakukan pendaftaran haji.

Untuk mendapatkan porsi ini, Anda harus sudah mendaftar dengan membayarkan uang DP keberangkatan sebesar 25 juta rupiah terlebih dahulu. Pembayaran dilakukan di BPS (Bank Penerima Setoran) khusus biaya haji.

Nomor pada porsi haji Ini didapatkan langsung dari pihak Kementerian Agama Islam Indonesia. Dengan mendapatkan porsi haji ini, kita dinyatakan telah menjadi calon jamaah haji Kementerian Agama. Adapun calon jama’ah haji yang tidak memiliki porsi ini adalah para jama’ah yang tidak masuk dalam kuota haji Kementerian Agama.

Nomor ini terdiri dari 10 digit yang harus disimpan dengan baik dan hati-hati. Kalau sampai lupa, atau hilang maka Anda harus menguruskan langsung ke agen jasa keberangkatan haji. Pastinya akan membuat persiapan naik haji semakin ribet. Padahal kalau sudah tahu atau sudah memiliki porsi haji, Anda bisa langsung cek porsi haji online kapan saja dan di mana saja demi mendapatkan kapan jadwal keberangkatan Anda.

Salah satu contoh porsi haji adalah 1001050591. Ada 10 angka tepat yang valid. Jika kurang angkanya, maka tidak valid atau dinyatakan jama’ah ilegal.

Fungsi dari Porsi Haji

Setelah berhasil mengecek porsi haji, Anda akan mengetahui kapan keberangkatan untuk ibadah haji. Walaupun sudah tahu akan berangkat di tahun tertentu, tetapi untuk jadwal pastinya tanggal berapa belum tentulah belum ditentukan. Pada saat pendaftaran haji, Anda hanya akan mendapat perkiraan tahun keberangkatan saja dan hal tersebut juga berubah. Untuk itulah diperlukan porsi haji.

Selain hal diatas, berikut ini beberapa fungsi dari nomor porsi haji yang nantinya akan Anda dapatkan:

  1. Sebagai nomor antrian berangkat haji
    Porsi haji ini adalah nomor untuk mengecek jadwal keberangkatan Anda. Jika tidak memiliki nomor ini, Anda tidak akan bisa melihat jadwal keberangkatan Anda lewat website Kementerian Agama.
  2. Sebagai nomor urut kartu peserta calon jama’ah haji
    Anda tinggal menunjukkan porsi haji saat sedang melakukan pengecekan di Kementerian Agama.
  3. Sebagai kartu kepengurusan haji selanjutnya
    Banyaknya administrasi yang dibutuhkan oleh pihak pengelola haji, membuat porsi haji menjadi identitas dari setiap dokumen haji Anda.
  4. Sebagai rambu-rambu peringatan untuk Anda agar selalu siap siaga
    Kapan saja kloter yang anda dapatkan akan molor dan maju. Jika maju akan sangat menguntungkan. Yang terpenting peralatan dipersiapkan jauh-jauh hari. Setelah mendapatkan jadwal keberangkatan, Anda akan mempersiapkan selebihnya saja. Tidak tergesa-gesa sehingga membuat Anda meninggalkan beberapa barang penting yang harus dibawa. Persiapan doa-doa atau kegiatan gaji pun akan lebih matang.

Kebanyakan tahun keberangkatan haji memang berubah. Untuk itulah cek porsi haji sangatlah penting. Perubahan tahun keberangkatan ini biasanya terjadi karena beberapa sebab, diantaranya adalah karena jumlah kuota yang penuh di tahun ini atau tahun yang telah ditentukan sehingga Anda harus menunda keberangkatan.

Selain hal diatas beberapa alasan lainnya yakni kurangnya kuota keberangkatan sehingga Anda harus berangkat lebih cepat, atau ada jamaah haji yang belum berangkat tetapi sedang sakit parah sehingga tidak memungkinkan berhaji atau juga menggantikan kursi jama’ah haji yang meninggal dunia sebelum berangkat.

Kemungkinan-kemungkinan diatas sangatlah sering terjadi. Tidak perlu pergi ke agen atau kantor penyedia layanan haji atau ke Kementerian Agama untuk mengeceknya, Anda bisa langsung mengecek porsi haji secara online.

Tata cara mengecek Porsi Haji

Kapan keberangkatan haji tidak akan Anda dapatkan secara langsung saat membayar uang 25 juta ke BPS-Badan Penyelenggara Ibadah Haji. Ini dikarenakan petugas sendiri belum tahu kapan keberangkatan. Petugas hanya akan mencatat data diri Anda secara lengkap dan menyatakan bahwa Anda sudah masuk dalam antrian kloter keberangkatan haji.

Selanjutnya petugas pun juga tidak akan memasukkan data Anda secara langsung dalam jadwal keberangkatan haji, melainkan masih menunggu tahun depan usai memberangkatkan haji kloter sebelumnya.

layananmadinahimanwisata

Nah, untuk memudahkan maka disediakanlah cara cek porsi haji online. Cukup dengan langsung masuk ke website Kementerian Agama di www.hajikemenag.go.id. Pilih menu untuk cek porsi haji dan masukkan nomer porsi haji Anda. Tidak memakan waktu lama untuk mendapatkan informasinya.

Kapan waktu untuk mengecek Porsi Haji?

Jawabannya adalah kapan saja. Tidak ada waktu yang ditentukan atau ditetapkan sebagai waktu pasti dalam pengecekan porsi haji. Namun jika Anda ingin langsung mendapatkan hasil yang Anda butuhkan, maka disarankan untuk mengecek di awal tahun atau di bulan Januari.

Alasannya adalah pada bulan Januari, petugas BPS telah mengupdate daftar nama jama’ah haji untuk kloter tahun tersebut. Namun bukan berarti Anda harus melakukan cek porsi haji menunggu bulan Januari. Anda bisa mengakses kapan saja Anda mau.

Mengecek porsi haji memang sangat disarankan khususnya jika sudah mendekati tahun keberangkatan. Hal ini menanggulangi perubahan kloter haji, baik pada jumlah maupun tanggalnya. Mengingat kebijakan dari Mekkah sendiri sering berubah sehingga kloter bisa saja dikurangi atau sebaliknya.

Jadi tunggu apa lagi? Segera cek porsi haji Anda untuk persiapan keberangkatan haji. Walaupun menunggu bertahun-tahun, setidaknya pengecekan akan membuat Anda tenang karena sudah tahu kapan perkiraan Anda benar-benar berangkat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Tanya-Tanya Admin>>