Doa Agar Bisa Berangkat Umroh

doa umroh, doa agar bisa umroh
doa umroh, doa agar bisa umroh
Berangkat ke tanah suci untuk umroh atau haji memang keinginan semua muslim di seluruh dunia termasuk Indonesia. Karenanya perlu persiapan khusus salah satunya doa agar bisa umroh dan haji

Tentulah banyak orang yang ingin beribadah ke Tanah Suci baik melakukan ibadah sunnah seperti umroh atau yang wajib yakni ibadah Haji. Namun meski begitu, perlu dipahami jika berangkat ke Tanah Suci untuk beribadah bukanlah perkara mudah. Persiapan tak hanya materi namun juga berbagai hafalan doa umroh maupun haji.

Sebagaimana kita ketahui jika menunaikan ibadah ke Tanah Suci memerlukan biaya yang lumayan besar, sehingga ini ibadah ini hanya dikhususkan bagi yang mampu. Meski begitu perlu diketahui jika kategori mampu tersebut bukanlah berasal hanya dari materi yang kita punya, namun juga atas izin dari Allah.

 Untuk itu, agar dimudahkan oleh Allah untuk berangkat ke Tanah Suci ada baiknya kita juga harus mengamalkan beragam amalan lainnya.

Amalan dan doa agar bisa berangkat umroh

Dilansir dari berbagai sumber, ada beberapa amalan atau doa umroh yang bisa mempercepat kita bisa berangkat ke Tanah Sucis antara lain:

  1. Niat adalah salah satu yang tidak boleh ketinggalan. Ibadah tanpa niat bisa jadi hanya akan sia-sia belaka. Jadi pastikan sebelumnya untuk menguatkannya terlebih dulu. Pastikan niat kita hanya untuk Allah bukan karena status, atau hal lainnya.
  2. Perbanyak doa untuk dimudahkan melaksanakan ibadah umroh atau ibadah haji
  3. Perbanyak doa di waktu mustajabnya doa. Ada beberapa waktu dimana ketika ini doa tidak tertolak yakni:
  • Sepertiga malam: Banyak hadist yang membahas keutamaan sepertiga malam untuk memanjatkan doa. Salah satunya ada pada Hadist yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim yang berbunyi:
    Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Allah turun ke langit dunia pada setiap malam, yaitu pada 1/3 malam terakhir seraya berfirman, ‘Siapa yang berdo’a kepadaKu niscaya akan Aku kabulkan dan siapa yang meminta kepadaKu niscaya akan Aku berikan dan siapa yang memohon ampun kepada-Ku, niscaya akan Aku ampuni.”
    Hadist diatas menjelaskan jika ketika itu adalah waktu terbaik dimana segala doa akan dikabulkan, juga dengan doa umroh atau haji. Lantas kapankah sepertiga malam terakhir itu? Perhitungan sepertiga malam terakhir ini dimulai kisaran pukul 1 malam.
  • Doa setelah shalat fadhu
    Sebuah hadist menyebutkan jika doa setelah shalat fardhu adalah doa yang mustajab. Hal ini diriwayatkan dalam hadist Dari Abu Umamah yang diriwayatkan Tirmidzi. Dia (Abu Umamah) berkata;
    “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam ditanya; wahai Rasulullah, doa apakah yang paling di dengar? Beliau berkata: “Doa di tengah malam terakhir, serta setelah shalat-shalat wajib.”
    Juga, perbanyak doa dan dzikir setelah shalat lima waktu agar nanti dimudahkan untuk berangkat ke Makkah. “Ya Allah karuniakan kepada kami rezeki yang luas, halal, baik lagi berkah, dan Engkaulah sebaik-baiknya yang memberikan rezeki.”
  • Hari Jumat
    Hal ini sudah diisyaratkan oleh Beliau Shallahu Alaihi Wassalam dalam hadis riwayat Bukhari. Diriwayatkan Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam menuturkan perihal hari Jumat lantas Beliau bersabda:
    “Di dalamnya terdapat waktu. Jika seorang muslim berdoa ketika itu, pasti diberikan apa yang ia minta’. Lalu beliau mengisyaratkan dengan tangannya tentang sebentarnya waktu tersebut”
  1. Doa dimudahkan ke Tanah Suci
    Dilansir dari laman website ustadz Yusuf Mansur, beliau mengajarkan doa agar kita bisa berangkat ke Tanah Suci setiap tahun. Doa ini diajarkan dari gurunya. Adapun lafadz doa tersebut adalah:
    Allohummarzuqna ziarota baitikal mu’adzdzom warosulikal mukarrom fi hadzal’am wafi kulli ‘am biahsanilhaq. Aamiin Yaa Robbal ‘Aalamiin.
    Ya Allah beri aku rizki untuk dapat berkunjung ke rumah-Mu yang agung, dan rasul-Mu yang mulia di tahun ini, dan di setiap tahun, dengan sebaik-baik kondisi.”
    Amalkan doa umroh dan haji ini sebanyak-banyaknya selepas shalat dan insyaAllah akan bisa berangkan ke Tanah suci bersama keluarga
  2. Memperbanyak membaca dan memahami ayat-ayat yang berhubungan dengan ibadah umroh ataupun haji.
    Salah satu ayat yang berhubungan dengan ibadah di Tanah Suci terdapat pada surat Al-Baqarah aya 128 yang berbunyi,

رَبَّنَا وَاجْعَلْنَا مُسْلِمَيْنِ لَكَ وَمِنْ ذُرِّيَّتِنَا أُمَّةً مُسْلِمَةً لَكَ وَأَرِنَا مَنَاسِكَنَا وَتُبْ عَلَيْنَا ۖ إِنَّكَ أَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيمُ

Artinya : Ya Tuhan kami, jadikanlah kami berdua orang yang tunduk patuh kepada Engkau dan (jadikanlah) diantara anak cucu kami umat yang tunduk patuh kepada Engkau dan tunjukkanlah kepada kami cara-cara dan tempat-tempat ibadah haji kami, dan terimalah taubat kami. Sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang.
Panjatkan doa umroh atau haji diatas dengan khusu dan penuh tawwadu khususnya pada waktu-waktu diijabahnya doa.

  1. Setelah shalat Jum’at, amalkan pula doa ini sebanyak 7 kali.
    “Ya Allah Yang Maha Kaya, Yang Maha Terpuji, Yang Maha Pencipta, Yang Maha Mengembalikan, Yang Maha Penyayang, Maha mengasihi. Ya Allah jadikanlah kami kaya dengan apa yang telah Engkau halalkan dari yang Engkau haramkan, dan dengan ketaatan
  2. Perbanyak shalawat dan tingkatkan ibadah khususnya di sepertiga malam terakhir.
  3. Meningkatkan keilmuwan
    Pelajari segala hal tentang ibadah umroh atau haji, mulai dari rukun, larangan sampai doa umroh dan haji. Pelajari juga tata cara manasik baik dengan mengikuti kegiatan manasik atau dengan video.
  4. Tanyakan pengalaman pada orang yang sudah pernah ke Tanah Suci
  5. Perbanyak sedekah. Sedekah disini harus dilakukan dengan ikhlas tidak terpaksa atau dipaksa.
  6. Jangan lupa untuk meminta brosur penyelenggaraan ibadah umroh dan memertimbangkan kira-kira nanti agen mana yang akan dipilih dan berapa biaya yang dibutuhkan.
  7. Selalu sisihkan uang berapapun setiap hari yang dikhususkan untuk biaya umroh maupun biaya haji
  8. Mintalah doa dari orangtua
  9. Cobalah untuk memasang gambar Kakbah didinding kamar dan afirmasikan diri kita berada diantara ribuan jamaah. Afirmasi sendiri adalah kegiatan memotivasi yang akan membuat keyakinan kita kian kuat.
  10. Tawakal pada Allah. Jika Allah sudah berkehendak, maka pastinya kita akan dipermudah baik dari segi rizki maupun segalanya.
doa umroh, doa agar bisa umroh
Doa adalah senjatanya orang mukmin, untuk itu berdoalah, Allah akan mengabulkannya. Termasuk doa agar bisa umroh dan haji ke tanah suci Mekkah

Itulah beberapa amalan serta doa umroh dan haji yang bisa kita ikhtiarkan setiap hari. Maksimalkan amalan dan doa diatas serta jangan lupa untuk selalu bertawakal. Jangan pernah menyerah untuk berdoa karena kita tidak tahu kapan Allah akan mengabulkannya.

Info Lebih Lanjut untuk Haji dan Umroh Silahkan Menghubungi  :

Kantor Agen Bogor Timur :

RWPGrup Indonesia

Jl. Sukajaya I No.17, Jl. Raya Tajur – Bogor, Jawa Barat

(Pangkalan Ojeg Sukajaya I, disebelah Pool Bus Lorena/POM Bensi Lorena, lalu Kawasaki Motor)

Telp. : 0251 – 833 03 25

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ngobol yuk