Doa Pulang Umroh

doa umroh, doa pulang umroh, doa pulang haji
doa umroh, doa pulang umroh, doa pulang haji
Doa pulang umroh memang terdengar asing di telinga kita, karena memang tidak ada doa pulang umroh secara khusus. Namun mendoakan orang yang tiba dari umroh adalah baik. Agar pahala umrohnya diterima oleh Allah

Dalam urusan ibadah umroh, pasti kita temukan banyak jenis doa umroh. Baik doa ketika ingin berangkat umroh, doa saat umroh hingga doa apa yang diucapkan untuk mereka yang baru berumroh. Nah, diantara beberapa jenis doa umroh tersebut, maka dalam ulasan kali ini kita akan sedikit membahas tentang doa pulang umroh.

Bagaimana lafadz doa tersebut? Berikut uraiannya!

Doa umroh yang diucapkan untuk seseorang yang baru pulang umroh

Dilansir dari laman konsultasisyariah, bahwasannya tidak diketahui ada dalil khusus yang menjelaskan atau menyebutkan tentang doa untuk seseorang yang baru pulang berumroh. Masalah ini terbilang longgar yang artinya jika ada seseorang yang pulang berumroh, maka dirinya bisa mendoakan kebaikan untuk dirinya sendiri ataupun oranglain. Kecuali jika ada bukti atau dalil yang menyebutkan doa tersebut secara khusus.

Dari Muadz radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِنَّ الدُّعَاءَ يَنْفَعُ مِمَّا نَزَلَ وَمِمَّا لَمْ يَنْزِلْ فَعَلَيْكُمْ عِبَادَ اللَّهِ بِالدُّعَاءِ

Sesungguhnya doa itu bermanfaat (memberi kebaikan) untuk yang sudah turun (terjadi) dan yang belum terjadi. Karena itu, perbanyaklah berdoa, wahai hamba Allah. (HR. Ahmad 22044, Turmudzi 3548 dan dihasankan al-Albani).

Perlu diingat, harapan terbesar seseorang yang menjalankan ibadah ke Tanah Suci adalah diampuni dosa-dosanya dan diterima ibadahnya oleh Allah. Nah, bagi teman ataupun keluarga bisa mendoakan kedua hal tersebut.

Dalam riwayat lain, Imama al-Qalyubi  seorang ulama syafiiyah, menganjurkan agar ketika saat menyambut seseorang yang pulang umroh, kita membaca doa,

تَقَبَّلَ اللَّهُ عُمْرَتَك ، وَغَفَرَ ذَنْبَك ، وَأَخْلَفَ عَلَيْك نَفَقَتَك

“Semoga Allah menerima umrah anda, semoga Allah mengampuni dosa anda dan memberi ganti untuk biaya perjalanan anda.”

Sedangkan dalam Hasyiyah al-Qalyubi, Beliau juga menyebutkan hal-hal yang dianjurkan terkait perjalanan haji atau umroh. Ketika itu beliau menyatakan,

Hendaknya mereka (keluarga) menyambutnya (yang umroh) seperti yang lain, dan memberikan doa – jika baru pulang haji atau umrah – “Semoga Allah menerima umroh anda, semoga Allah mengampuni dosa anda dan memberi ganti untuk biaya perjalanan anda.” (Hasyiyah al-Qalyubi, 2/190).

Hal yang demikian diatas juga disebutkan oleh Ibnu Muflih dalam kitabnya al-Furu’. Disebutkan bahwasannya beberapa ulama menganjurkan agar kita memberikan doa untuk mereka yang baru pulang dari Tanah Suci. Diantaranya al-Ajuri. Beliau juga menukil keterangan al-Fadhl bin Ziyad yang mengatakan,

Kami belum mendengar riwayat untuk mendoakan kebaikan untuk mereka yang berperang ketika kembali pulang. Sementara untuk haji, kami pernah mendengar riwayat dari Ibnu Umar dan Abu Qilabah, bahwa masyarakat mendoakan kebaikan. (al-Furu’, Ibnu Muflih, 11/364).

Allahu a’lam.

doa umroh, doa pulang umroh, doa pulang haji
Untuk doa pulang umroh, doakanlah jamaah umroh agar umrohnya di terima oleh Allah, dan pahala umrohnya menjadi berkah dan kebaikan ketika tiba di tanah air.

Amalan dan Doa bagi yang baru pulang dari Tanah Suci

Sekembalinya dari Tanah Suci mungkin banyak jamaah umroh ataupun haji yang bingung dengan apa yang harus dilakukannya sesampainya di rumah. Ada yang memilih untuk menjalankan tradisi masyarakat seperti membuka rumahnya, ada pula yang memilih untuk menutup pintu rumahnya rapat-rapat.

Terlepas dari tradisi yang berlaku di masyarakat, dalam syariat Islam sendiri ada beberapa amalan yang bisa dijadikan sebagai panduan di hari pertama Anda pulang dari Tanah Suci.

  1. Shalat sunnah Safar
    Shalat satu ini merupakan salah satu shalat sunnah yang tidak disunnahkan untuk dikerjakan berjamaah. Sekembalinya dari Tanah Suci, kadangkala kita akan terlupakan untuk melaksanakan shalat sunnah ini. Bisa jadi karena saking bahagianya bisa bertemu keluarga lagi, atau hal lainnya.
    Diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim dari Jabis bin Abdullah Radhiyallahu ‘Anhu berkata,

خَرَجْتُ مَعَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي غَزَاةٍ، فَأَبْطَأَ بِي جَمَلِي وَأَعْيَا، ثُمَّ قَدِمَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَبْلِي، وَقَدِمْتُ بِالْغَدَاةِ فَجِئْتُ الْمَسْجِدَ فَوَجَدْتُهُ عَلَى بَابِ الْمَسْجِدِ. قَالَ: الآنَ حِينَ قَدِمْتَ؟ قُلْتُ: نَعَمْ. قَالَ: فَدَعْ جَمَلَكَ وَادْخُلْ فَصَلِّ رَكْعَتَيْنِ. قَالَ: فَدَخَلْتُ فَصَلَّيْتُ ثُمَّ رَجَعْتُ

“Aku pernah pergi bersama Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam pada suatu peperangan. Lalu tiba-tiba untaku berjalan melambat dan kondisinya melemah. Ketika itu Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam telah sampai sebelumku, sedang aku baru sampai pada pagi hari. Kemudian aku pergi ke masjid dan aku mendapati beliau berada di depan pintu masjid.
Beliau berkata: “Apakah engkau baru tiba?”
“Ya”, jawabku. Beliau bersabda, ”Tinggalkan untamu, masuklah (ke masjid) dan kerjakan shalat dua rakaat”, lanjut beliau,
Lalu aku pun masuk (masjid) dan mengerjakan shalat kemudian pulang.” (HR. Al-Bukhari, no. 2097, Muslim, no. 715)
Selain hadist diatas, Imam Bukhari juga menerangkan jika ada dua hadist lain tentang shalat sunnah safar dalam kitabnya. Dalam pelaksanaannya tidak ada bacaan khsusus, serta tidak ada anjuran untuk dilakukan berjamaah.

  1. Mendoakan para tamu yang datang
    Seringkali ketika seseorang pulang berumroh, akan banyak orang yang datang kerumah. Nah, jika ada yang meminta untuk didoakan, maka berikanlah doa. Dalam hal ini tidak didapati doa umroh khusus, namun biasanya para tamu akan sangat senang jika didoakan untuk bisa segera menyusul beribadah ke Tanah Suci baik haji maupun umroh.
  2. Memberi motivasi untuk beribadah ke Tanah Suci
    Seseorang yang pernah menjalankan ibadah ke Tanah Suci baik ibadah haji atau umroh, perkataannya cenderung akan lebih diperhatikan. Hal ini sebagaimana yang pernah disampaikan oleh Jabir dari Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam bahwasannya jika ada seseorang yang kembali dari Tanah Suci maka dia akan membawa pahala dan juga ghanimah. Beberapa ulama menafsirkan arti ghanimah disini sebagai status sosial yang lebih tinggi di masyarakat.
    Karena hal inilah, sesampainya Anda ke Tanah Air, jangan lupa untuk selalu memberikan motivasi dan juga semangat agar orang-orang sekitar segera bisa menyusul beribadah ke Tanah Suci.
  3. Memperbanyak amalan shalih
    Sekembalinya dari Tanah Suci, bukan berarti kita sudah bebas berbuat semaunya. Malah setelahnya kita harus semakin giat dalam menambah amal shalih. Menambah amal shalih ini sendiri banyak sekali caranya bisa dari menggiatkan shalat sunnah, memperbanyak tilawah, menyuburkan sedekah dan pastinya selalu menjauhi segalah hal yang dilarang Allah.

Diatas adalah beberapa doa umroh untuk Anda yang akan kembali ke Tanah Air atau bagi Anda yang memiliki saudara yang baru pulang umroh.

Info Lebih Lanjut untuk Haji dan Umroh Silahkan Menghubungi  :

Kantor Agen Bogor Timur :

RWPGrup Indonesia

Jl. Sukajaya I No.17, Jl. Raya Tajur – Bogor, Jawa Barat

(Pangkalan Ojeg Sukajaya I, disebelah Pool Bus Lorena/POM Bensi Lorena, lalu Kawasaki Motor)

Telp. : 0251 – 833 03 25

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ngobol yuk