Info Keberangkatan Haji Tahun 2019 Jawa Barat

keberangkatan haji 2019
keberangkatan haji 2019
Keberangkatan Haji Tahun 2019 Jawa Barat mengalami peningkatan dalam setiap tahunnya

Setelah selesai melewati musim haji pada tahun 2018, kini banyak umat Muslim yang bergantian menantikan datangnya musim keberangkatan haji tahun 2019. Ada banyak hal-hal yang harus diketahui calon jamaah haji sebelum melaksanakan pemberangkatan ke tanah suci.  Oleh karena itu, penting bagi calon jamaah untuk selalu memantau dan mengikuti info terbaru keberangkatan haji 2019.

Info-info terbaru tentang keberangkatan haji tahun 2019 perlu untuk selalu diketahui oleh calon jamaah haji yang telah mendaftar. Berikut adalah bebrapa info mengenai keberangkatan haji 2019 untuk Anda yang berdomisili di wilayah Jawa Barat.

Penurunan Biaya Haji Jawa Barat Pada Keberangkatan Haji  Tahun 2019

Info mengenai penurunan biaya haji pada keberangkatan haji tahun 2019  ini telah diungkapkan oleh Pemerintah melalui Anngito Abimanyu, Kepala Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) bahwa dana pengelolaan haji di dalam negeri dan Arab Saudi akan diinvestasikan utnuk beberapa jenis usaha, seperti hotel, katering, dan jasa transportasi jamaah haji.

Langkah ini dipilih karena dipercaya sebagai solusi untuk menurunkan biaya haji pada keberangkatan haji tahun 2019, termasuk untuk wilayah Jawa Barat. Walaupun nilai pasti penurunan biaya haji ini belum tetap, tetapi kita dapat mengambil contoh data dari Malaysia yang telah lebih dulu melakukan langkah investasi ini. Keberhasilan Malaysia akan langkah ini dapat dilihat dari jumlah biaya haji yang dibayarkan untuk jamaahnya yang mencapai angka 47 persen.

Saat ini pemerintah Indonesia telah menanggung 45 persen dari biaya ibadah haji yang seharusnya dibayarkan oleh calon jamaah. Apabila langkah investasi ini dijalankan, maka jumlah biaya haji pada keberangkatan haji 2019 yang akan ditanggung pemerintah mencapai angka di atas 47 persen.

Kabar ini tentu merupakan info menarik bagi calon jamaah haji Jawa Barat yang menantikan info terbaru tentang keberangkatan haji 2019. Langkah-langkah dari pemerintah untuk penurunan biaya haji semacam ini adalah yang selalu ditunggu oleh calon jamaah haji Indonesia.

Penambahan Kuota Jamaah Haji Jawa Barat pada Keberangkatan Haji Tahun 2019

Penambahan kuota jamaah haji untuk wilayah Jawa Barat ini sebenarnya masih menjadi prediksi belaka. Hal yang dapat dijadikan acuan adalah fakta bahwa kuota jamaah haji untuk wilayah Jawa Barat pada tahun lalu mendapatkan angka tertinggi, yakni 38. 852 orang dari total kuota nasional yang mencapai 221.000 lebih.

Tingginya kuota bagi calon jamaah haji Indonesia untuk wilayah Jawa Barat pada tahun 2018 diharapkan juga akan membawa dampak positif pada keberangkatan haji tahun 2019. Tingginya angka kuota bagi calon jamaah haji asal Jawa Barat ini didominasi oleh calon jamaah yang berasal dari wilayah Bekasi.

Jika memang ada penambahan terhadap jumlah kuota calon jamaah haji pada keberangkatan haji 2019 untuk wilayah Jawa Barat, tentunya hal ini akan membawa dampak positif bagi masyarakat. Namun, hal ini juga dapat menjadi sebuah tantangan baru bagi panitia pelaksana untuk lebih meningkatkan kesiapan dan kesiagaan. 

Jadwal keberangkatan haji tahun 2019 Wilayah Jawa Barat

Mengetahui jadwal keberangkatan haji tahun 2019 wilayah Jawa barat sangat penting untuk diperhatikan karena merupakan salah satu unsur vital keberangkatan haji 2019. Ada berbagai cara yang dapat dilakukan calon jamaah untuk mengecek jadwal keberangkatan haji 2019 untuk wilayah Jawa Barat. Adapun salah satu mudah yang dapat dilakukan adalah dengan mengecek nomor porsi.

Nomor porsi adalah nomor yang didapatkan oleh calon jamaah haji setelah melakukan setoran awal sejumlah dua puluh lima juta rupiah di BPS-BPH (Bank Penerima Setoran-Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji). Nomor porsi ini digunakan sebagai patokan nomor antrian tahun keberangkatan ibadah haji.

Mengecek nomor porsi ini penting untuk dilakukan secara rutin karena estimasi tahun keberangkatan ibadah haji dapat berubah setiap saat dikarenakna beberapa hal, seperti pengurangan kuota keberangkatan haji tahun 2019 jika tiba-tiba ada calon jamaah haji yang meninggal sebelum melaksanakan pemberangkatan ibada haji, atau hal-hal tak terduga lainnya.

Adapun waktu yang tepat bagi jamaah untuk mengecek keberangkatan haji tahun 2019 adalah pada Bulan Januari karena pada bulan ini calon jamaah sudah mendekati waktu pelunasan BPIH yang biasanya juga diiringi banyaknya update database nomor porsi. Untuk mengecek nomor porsi ini, calon jamaah dapat melakukannya secara online.

Calon Jamaah Haji Asal Jawa Barat Berangkat dari Bandara Kertajati

Info Kberagkatan Haji 2019
Bandara Internasional Kertajati di Majalengka akan menjadi tempat keberangkatan haji tahun 2019 Jawa Barat.

Bandara Kertajati merupakan bandara yang telah melakukan soft launching pada Mei 2018 lalu yang digunakan untuk pemberangkatan kloter pertama para jamaah haji asal Jawa Barat. Setelah mengalami pembangunan runway baru dan menyelesaikan konstruksi terminal, bandara ini merupakan tempat keberangkatan haji tahun 2019 yang sangat membantu calon jamaah haji asal Jawa Barat.

Adanya Bandara Kertajati ini memudahkan calon jamaah haji asal Ciamis yang tidak perlu lagi jauh-jauh pergi ke Cengkareng. Selain itu, akses menuju bandara ini dapat melalui Tol Cipali, Cisumdawu, dan Cileunyi.

Pentingnya Menjaga Kesehatan dan Kebugaran

Menurut data tahun lalu, ada enam orang calon jamaah haji asal Jawa Barat yang batal diberangatkan karena alasan kesehatan. Keenam calon jamaah tersebut tergolong sudah tidak mampu melaksanakan ibadah haji karena sudah ada yang linglung, pikun, dan ada pula yang mengidap penyakit tua yang dikhawatirkan akan bertambah parah jika calon jamaah tetap diberangatkan.

Keenam calon jamaah haji tersebut berasal dari bebrapa daerah di Jawa Barat. Dua orang berasal dari Garut. Dua orang berasal dari Cirebon, satu orang dari Bogor, dan satu orang terakhir berasal dari Subang.

Fakta ini dapat dijadikan pembelajaran dan rambu-rambu bagi calon jamaah keberangkatan haji tahun 2019. Berdasarkan data tesebut, calon jamaah haji asal Jawa barat harus benar-benar memperhatikan dan menjaga kesehtan dan kebugaran terutama mendekati keberangkatan haji 2019.

Berbagai upaya pemerintah provinsi Jawa Barat telah dilakukan dengan maksimal untuk memberikan pelayanan maksimal kepada seluruh calon jamaah haji asal Jawa Barat. Seluruh usaha pemerintah harus kita dukung dengan cara menjaga kesehatan dan kebugaran jasmani rohani.

Beberapa info tersebut harus dapat dijadikan pembelajaran sebelum melaksanakan keberangkatan haji tahun 2019. Sangatlah penting untuk terus memantau dan mengikuti perkembangan info keberangkatan haji 2019 bagi jamaah Jawa Barat seperti yang terurai di atas.

 

Info Lebih Lanjut untuk Haji dan Umroh Silahkan Menghubungi  :

Kantor Agen Bogor Timur :

RWPGrup Indonesia

Jl. Sukajaya I No.17, Jl. Raya Tajur – Bogor, Jawa Barat

(Pangkalan Ojeg Sukajaya I, disebelah Pool Bus Lorena/POM Bensi Lorena, lalu Kawasaki Motor)

Telp. : 0251 – 833 03 25

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ngobol yuk