Langkah Mudah Mengurus Paspor untuk Umroh via Online

Paspor untuk Umroh, Cara Buat Paspor Online

Menyiapkan Dokumen Paspor untuk Umroh Via Online

Paspor Untuk Umroh
paspor adalah identias warga negara yang akan melakukan perjalanan ke luar negeri, yang mana paspor ini bisa digunakan berkali-kali selama masa berlakunya masih ada

Paspor merupakan dokumen yang wajib dimiliki oleh seseorang yang akan bepergian ke luar negeri, termasuk bagi calon jamaah umroh. Paspor di buat di Kantor Imigrasi baik secara online yakni via internet maupun offline yaitu dengan langsung mendatangi Kantor Imigrasi terdekat.

Cara membuat paspor untuk umroh  via online merupakan salah satu yang paling banyak dicari di internet. Hal ini seiring dengan semakin tingginya orang yang ingin bepergian untuk menjalankan ibadah umroh dan mereka kebetulan belum memiliki paspor. Sehingga mereka bingung cara membuat paspor yang mudah dan sederhana.

Saat ini, cara membuat paspor untuk umroh sudah sangat mudah, yakni dengan online. Tidak seperti dulu yang memiliki persyaratan cukup rumit. Saat ini semua serba online, sehingga cara membuat paspor pun ada yang online di tahun 2018. Meski begitu, tetap ada dan berlaku cara membuat paspor secara manual, yakni dengan Anda harus datang ke Kantor Imigrasi. Sementara cara membuat paspor online ini memiliki proses yang lebih praktis dan menghemat waktu.

Saat Anda akan menjalankan perjalanan untuk beribadah umroh, salah satu persyaratan yang harus Anda siapkan adalah paspor untuk umroh yang memang harus dimiliki setiap jamaah. Seiring dengan perkembangan teknologi serta semakin meningkatnya permintaan pembuatan paspor bagi para calon jamaah umroh, kini telah tersedia layanan pengurusan paspor secara online.

Ini merupakan salah satu layanan dari Kantor Imigrasi yang menggunakan basis web untuk mempercepat proses pembuatan paspor. Dengan memanfaatkan layanan tersebut, siapapun yang ingin mengurus paspor bisa dengan mudah melakukannya secara online. Tentunya juga harus memenuhi beberapa persyaratan dan ketentuan yang ditetapkan oleh pihak Kantor Imigrasi.

Bila Anda ingin mengurus pembuatan paspor untuk umroh maka Anda sebaiknya menyiapkan beberapa dokumen yang dibutuhkan seperti Kartu tanda Penduduk yang sah dan masih berlaku, Kartu Keluarga, dokumen pendukung (Akta Kelahiran, Akta Perkawinan atau Buku Nikah, atau ijazah yang bisa dipilih salah satu), serta memiliki nama minimal tiga kata.

Seluruh dokumen yang dibutuhkan discan dan disimpan dalam bentuk file jpeg, warna hitam putih, dan ukuran maksimal 1.8 MB. Setelah semua persyaratan dokumen dipersiapkan, kini Anda bisa mulai mengikuti langkah berikut untuk mengurus paspor secara individu yang akan Anda gunakan nanti saat menjalankan ibadah umroh ke tanah suci.

Tapi yang harus diingat adalah cara membuat paspor online ini tidak akan membuat Anda bebas untuk tidak datang ke Kantor Imigrasi. Anda tetap harus datang ke Kantor Imigrasi kendati telah menemukan dan melakukan cara membuat paspor online. Yang harus Anda lakukan saat datang Kantor Imigrasi adalah untuk keperluan wawancara, verifikasi berkas, pengambilan sidik jari, dan foto.

Paspor Untuk Umroh
Antrian Jamaah Umroh dari Madani Iman Wisata di Jeddah untuk memeriksa Paspor Umroh

Cara Membuat Paspor untuk Umroh Via Online

  • Pertama Anda bisa kunjungi situs imigrasi.go,id dan masuk pada menu layanan Paspor Online. Dalam hal ini, Anda pilih ‘prapermohonan personal’. Pada form tersebut calon jamaah umroh akan diminta untukmengisi seluruh data yang dibutuhkan yang kemudian dilanjutkan dengan mengunggah hasil scan dokumen persyaratan yang dibutuhkan. Pada bagian akhir, Anda akan diminta untuk memastikan di Kantor Imigrasi mana Anda akan mengurus paspor termasuk memilih tanggal untuk pengurusan paspornya.
  • Anda bisa mencetak form yang telah diisi. Dengan mengisi serta mencetak form prapermohonan paspor tersebut secara online maka Anda tidak akan diminta untuk mengisi form manual pada saat datang ke Kantor Imigrasi. Anda hanya perlu menunjukkan form yang terdapat barcode kepada petugas karena data yang Anda isikan pun telah masuk ke database imigrasi.
  • Sebelum mengunjungi kantor imigrasi, Anda sebaiknya juga mempersiapkan kembali dokumen yang dibutuhkan dalam bentuk fotocopy ukuran kertas A4 tanpa digunting beserta cetakan form dari pendaftaran online.
  • Anda datangi Kantor Imigrasi pada tempat serta tanggal yang telah Anda tentukan pada saat mendaftar online. Dalam hal ini, Anda sebaiknya membeli map hijau di tempat yang ditentukan serta materai 6000.
  • Anda akan dipersilakan untuk masuk ke ruang pembuatan paspor, mengambil nomor urut pada bagian front office. Biasanya, Kantor Imigrasi akan membedakan kode A untuk pendaftaran melalui online dan kode B untuk pendaftaran secara manual. Anda bisa memasukkan seluruh dokumen yang dibutuhkan dalam map hijau untuk mendapatkan verifikasi dari petugas Kantor Imigrasi.
  • Setelah mendapatkan verifikasi dan dinyatakan lolos maka pertugas imigrasi akan memberikan surat pengantar ke petugas administrasi yang ada di front office. Anda akan diminta untuk menukar surat tersebut dengan nomor urut antrian berkode C guna membayar sebesar Rp 225.000 untuk paspor 48 lembar.
  • Pasca membayar, pemohon paspor online akan langsung menuju ke lokasi pengambilan sidik jari dan foto serta menunggu proses wawancara untuk lebih memastikan bahwa semua dokumen lengkap dan sesuai dengan persyaratan, tujuan mengurus paspor, dan beberapa hal lainnya. Wawancara ini bertujuan untuk memastikan bahwa calon jamaah umroh tidak memiliki pelanggaran keimigrasian.

Meski Anda melakukan perjalanan umroh melalui biro travel umroh, proses pengurusan paspor memang hanya bisa dilakukan secara individu. Pihak penyedia jasa perjalanan hanya bisa membantu dan mendampingi calon jamaah untuk mendapatkan pelayanan pengurusan paspor yang dibutuhkan untuk aktivitas umrohnya nanti. Inilah mengapa bila Anda memang berencana untuk menjalankan ibadah umroh, alangkah baiknya bila Anda mempersiapkan diri dengan mengetahui beberapa persyaratan dan prosedur mengurus paspor untuk umroh.

Info Lebih Lanjut Umroh RWP Travel Silahkan Menghubungi  :

Kantor Agen Bogor Timur :

RWPGrup Indonesia

Jl. Sukajaya I No.17, Jl. Raya Tajur – Bogor, Jawa Barat

(Pangkalan Ojeg Sukajaya I, disebelah Pool Bus Lorena/POM Bensi Lorena, lalu Kawasaki Motor)

Telp. : 0251 – 833 03 25

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ngobol yuk