Manasik Umroh RWP Travel

manasik umroh, rukun umroh, rwp travel
manasik umroh, rukun umroh, rwp travel
Sebelum melakasanakan ibadah umroh diharapkan para calon jamaah umroh mengikuti kegiatan manasik umroh. Agar lebih memahami rukun dan larangan umroh

Umroh adalah ibadah yang dilakukan umat Islam yang dilakukan di Mekkah, umroh sifatnya wajib bagi orang yang mampu karena dibutuhkan biaya yang lumayan banyak untuk melakukannya. Umroh sering disebut haji kecil karena dilakukan bukan pada bulan haji dan bisa dilakukan kapan saja dibulan yang baik.

Pasti semua orang muslim ingin bisa melakukan haji maupun umroh. Namun sebelum benar-benar melaksanakannya diperlukan ilmu agama yang cukup dan latihan melakukan umroh yakni dengan melakukan manasik umroh. Manasik umroh harus dilakukan sesuai dengan syariat Islam. Manasik umroh bertujuan untuk menghindari kesalahan ketika melakukan ibadah umroh sehingga ibadah menjadi tidak sah.

Manasik Umroh biasanya dilakukan sebelum keberangkatan dan diadakan oleh agen travel seperti RWP Travel. Manasik umroh RWP Travel mengadakan manasik umroh bagi jamaah yang ingin pergi umroh sesuai dengan syariat yang sudah  dicontohkan oleh Rasulullah SAW. RWP Travel sendiri merupakan biro perjalanan haji, umroh dan wisata halal yang sudah terpercaya.

Tatacara melakukan Manasik Umroh bersama RWP Travel

manasik umroh, rukun umroh, rwp travel
Untuk para calon jamaah umroh dihimbau agara mengikuti kegiatan manasik umroh yang diadakan oleh pihak travel umroh

Adapun tatacara pelaksanaan manasik umroh ada 2 yaitu Rukum umroh dan wajib umroh.

Rukun umroh adalah inti kegiatan ibadah yang apabila tidak dikerjakan, maka ibadah umroh kita menjadi tidak sah. Rukun umroh ada 4 yaitu :

  1. Niat Ihram
  2. Thawaf
  3. Sa’i
  4. Tahalul/Bercukur

Selain rukun umroh juga terdapat wajib umroh yakni hal yang dipenuhi dalam melakukan umroh seperti ihram dari miqot atau batas dimulainya niat ihram dan tidak melakukan perbuatan yang dilarang selama umroh.

  Tata cara melaksanakan manasik umroh Sesuai dengan Sunah sebagai berikut :

  1. Ihram
    Ihram dari miqat merupakan wajib umroh, sebelum melakukan umroh kita harus melafalkan niat seperti ibadah lain, niat melakukan umroh ini disarankan dilakukan setelah sholat dan sebelum mencapai miqot kita harus sudah melafalkan niat karena jika tidak ibadah umroh kita menjadi tidak sah. Hindari perbuatan yang merusak niat umroh seperti berdebat, bertengkar, berkata yang tidak ada faedahnya.
    Batas-batas dalam melakukan umroh sudah ditetapkan dan kita sebagai calon jamaah umroh sebaiknya tidak melakukan larangan yang dilakukan selama ihram yakni tidak memakai pakaian yang dijahit.
    Contohnya laki-laki dilarang mengenakan jubah, penutup kepala maupun sepatu sedangkan wanita dilarang memakai penutup wajah dan sarung tangan. Penggunaan baju bagi wanita juga tidak boleh yang tipis dan memperlihatkan lekuk tubuhnya.
    Tata cara ihram yang terakhir adalah membaca talbiyah yang diiringi dengan membaca shalawat.
  2. Thawaf
    Thawaf merupakan salah satu rukun umroh yakni mengelilingi Ka’bah sebanyak 7 kali putaran yang dimulai dari Hajar Aswad dan selesai di tempat yang sama. Syarat sebelum melakukan thawaf adalah membaca niat thawaf, suci dari hadast besar maupun hadast kecil, menutup aurat seperti yang sudah dicontohkan oleh Rasulullah, Ka’bah berada di sebelah kiri orang yang melaksanakan thawaf  dan thawaf ini bisa dilakukan di masjid walau jauh dari Ka’bah asalkan kita sudah melaksanakan syarat-syarat untuk Thawaf.
    Ketika melakukan Thawaf dianjurkan memperbanyak doa dan zikir, doa yang bisa dilafalkan ketika thawaf adalah

Rabbana atina fiddunya hasanatan wa fil akhirati hasanata wa qiina adzabannar

Setelah melakukan Thawaf disarankan untuk mencium hajar Aswad atau bisa mengusap dengan tangan.

  1. Sa’i
    Rukun haji yang ketiga adalah sa’i atau lari-lari kecil dari bukit Shafa ke bukit Marwah sebanyak 7 kali putaran. Ketika melakukan sa’i diwajibkan membaca kalimat tahmid dan takbir masing-masih sebanyak 3 kali dan mengangkat kedua tangan dan berdoa kepada Allah. Sebelum melakukan sa’i disarankan meminum air zam-zam terlebih dahulu.
    Sa’i dalam umroh wajib dilakukan sebab jika tidak dilakukan maka ibadah umrohnya menjadi tidak sah. Hal ini sesuai dengan Al Qur’an Surat Al Baqarah yang artinya
    Sesungguhnya Shafa dan Marwah adalah sebagian dari syiar Allah” (QS. Al-Baqarah:158)
    Sa’i bersumber dari perintah Allah kepada Nabi Ibrahim untuk berhijrah dari Palestina ke Baitullah bersama istrinya Siti Hajar dan anaknya Nabi Ismail. Di Baitullah yang sangat gersang membuat nabi Ismail kehausan sehingga membuat siti Hajar berlarian dari Bukit Shafa dan Marwah sebanyak 7 kali dan akhirnya Allah memberikan mukjizat keluar mata air yang tiada habisnya hingga saat ini yang disebut dengan air zam-zam.Pelaksanaan sa’i dapat dilakukan dengan tidak berwudlu.
  2. Tahallul
    Rukun haji yang terakhir adalah tahallul atau mengunting rambut yang merupakan tanda berakhirnya ibadah umroh. Jumlah rambut yang digunting minimal 3 helai. Pelaksanaan Tahallul jamaah Umroh wanita dilakukan di bukit Marwah.
    Bagi jamaah wanita disarankan menggunting rambutnya sebanyak 3 helai sedangkan untuk jamaah laki-laki disunahkan untuk menggundul rambutnya. Mengapa harus menggundul rambut? Karena Rasulullah mendoakan 1 kali jamaah umroh dan haji yang tidak dicukur gundul dan bagi jamaah umroh atau haji yang mencukur gundul rambutnya Rasulullah mendoakan sebanyak 3 kali.
    Bagi jamaah wanita memotong rambut dilakukan oleh muhrimnya atau sesama wanita karena jika dilakukan oleh orang yang bukan muhrimnya hukumnya haram. Jamaah umroh wanita juga harus selalu menjaga auratnya agar tidak terlihat laki-laki yang bukan muhrimnya.
    Tahallul merupakan ritual umroh yang tidak boleh ditinggalkan karena termasuk dalam rukun umroh jika ditinggalkan maka umrohnya menjadi tidak sah. Tahalul memiliki makna bahwa dengan mencukur rambut berarti manusia menanggalkan kesombongan yang menyebabkan orang angkuh dan tinggi hati.
    Allah tidak menyukai orang yang sombong, maka dari itu dengan adanya Tahallul tandanya Allah mengajarkan kepada manusia untuk bersikap tidak sombong dan tetap sadar bahwa manusia adalah hamba Allah SWT untuk memperoleh 3 sifat khusyuk, tawadu’ dan khudu’ sehingga manusia yang memiliki 3 sifat ini akan dicintai oleh Allah SWT.

Dengan melakukan rukun umroh tahalul pada saat kita melakukan manasik umroh diharapkan setelah melaksanakan ibadah umroh, jamaah umroh memiliki hati yang bersih jauh dari kesombongan dan menjadi lebih bertakwa kepada Allah SWT.

Pelaksanaan manasik umroh yang diadakan oleh RWP Travel disesuaikan dengan rukun umroh dan sudah memiliki izin resmi dari Dinas Pariwisata dan Departemen Agama RI. Biaya ibadah umroh RWP Travel sangat murah dan terjangkau namun terpercaya sehingga anda tidak perlu khawatir lagi untuk melakukan ibadah umroh. Jadikan ibadah anda lebih bermakna dengan RWP Travel.

Info Lebih Lanjut untuk Haji dan Umroh Silahkan Menghubungi  :

Kantor Agen Bogor Timur :

RWPGrup Indonesia

Jl. Sukajaya I No.17, Jl. Raya Tajur – Bogor, Jawa Barat

(Pangkalan Ojeg Sukajaya I, disebelah Pool Bus Lorena/POM Bensi Lorena, lalu Kawasaki Motor)

Telp. : 0251 – 833 03 25

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ngobol yuk