Perkiraan Berangkat Haji 2019 Indonesia

perkiraan berangkat haji, berangkat haji 2019 Indonesia
Perkiraan Berangkat Haji bisa dilakukan dengan mengecek keberangkatan lewat nomor porsi haji. Berikut keuntungan mengetahui jadwal keberangkatan secara detail.

Perkiraan berangkat haji diwakilkan dengan pemberian informasi jadwal keberangkatan haji. Jadwal akan muncul di akhir tahun berjalan atau di awal tahun baru. Sesuai dengan waktu kenerangkatan haji yang akan Anda dapatkan, Anda juga akan sekaligus mendapatkan jadwal perkiraan keberangkatan haji.

Bagi Anda yang amanah berangkat haji di tahun 2019, berarti Anda sudah harus mendaftar haji di tahun 2009 atau 2010. Ini dikarenakan masa atau durasi untuk menunggu keberangkatan haji adalah sekitar 7-10 tahun lamanya. Namun berbeda untuk haji plus, karena ini tidak menunggu bertahun-tahun lamanya.

Perkiraan untuk berangkat haji harus Anda perhitungkan sendiri setelah melakukan pendaftaran haji. Kaitannya dengan pengecekan perkiraan berangkat haji yang akan Anda lakukan. Namun tidak ada salahnya juga kalau setiap tahun Anda melakukan pengecekan.

Pengecekan perkiraan berangkat haji

Cara mengecek perkiraan kapan berangkat haji bisa dilakukan secara offline, yakni datang secara langsung ke kantor kementerian Agama atau biro perjalanan haji terdekat, atau bisa juga dilakukan secara online. Informasi yang akan Anda dapatkan pun sama, cuma beda cara saja.

Sumber informasi yang Anda perlukan tersebut bersumber dari informasi Kemenag. Keberangkatan haji tergantung pada kuota haji Indonesia yang berubah-ubah setiap tahunnya. Bahkan saat sudah turun informasinya, bisa saja kuota berkurang atau bertambah.

Bulan Januari atau awal tahun adalah waktu yang paling tepat untuk melakukan pengecekan perkiraan berangkat haji.  Di mana di bulan ini bertepatan dengan penguploadan nama-nama baru para calon jama’ah haji.

layananmadinahimanwisata

Situs website untuk mengecek keberangkatan haji Indonesia ada di www.hajikemenag.go.id. Dalam situs resmi tersebut, Anda bisa mendapatkan banyak informasi tentang keberangkatan haji. Dua diantaranya adalah pengecekan keberangkatan haji dan jadwal perkiraan berangkat haji seluruh Indonesia.

Jadwal perkiraan berangkat haji Indonesia 2019

Setelah mengecek di laman diatas dan jika nama Anda sudah masuk dalam kloter keberangkatan haji tahun tersebut atau tahun yang akan datang, 2019, maka perkiraan berangkat haji akan dipertegas dengan dirilisnya jadwal keberangkatan haji.

 

Nah, untuk memudahkan, berikut waktu keberangkatan haji tahun 2019 :

  1. Jama’ah haji mulai masuk asrama pada tanggal 6 Juli 2019. Ini adalah agenda wajib sebelum berangkat haji. Tujuannya adalah sebagai pembekalan. Selain itu, juga untuk memberikan pematangan persiapan kepada para calon jamaah haji.
  2. Keberangkatan para jama’ah haji tanggal 7 sampai 20 Juli 2019. Kedua tanggal tersebut adalah untuk keberangkatan jama’ah gelombang I dan gelombang II. Untuk gelombang I, berangkat pada tanggal 7 dan 19 Juli 2019 dan gelombang II pada tanggal 20 Juli 2019. Perbedaan keberangkatan tersebut untuk menghindari kelebihan kuota, sehingga nantinya di gelombang dua bisa ditambah atau pun dikurangi. Kota yang diinjak pertama kali oleh jamaah haji adalah kota Madinah. Itu untuk gelombang I. Sedangkan untuk gelombang II adalah Jeddah.
  3. Pada tanggal 16 dan 26 Juli 2019, perkiraan jamaah haji sudah memulai perjalanan dari Madinah ke Mekkah.

Untuk perkiraan berangkat haji di bulan Juli diatas, pengumuman terkait dengan siapa saja calon jama’ah haji 2019 bisa dicek di awal tahun 2019. Persiapkan diri baik-baik untuk menyambut perjalanan suci ke Tanah Makkah.

Hubungan perkiraan berangkat haji dengan Nomor Porsi Haji

Seperti yang sudah diketahui bahwa kepemilikan nomor porsi haji sangatlah penting. Dengan nomer yang tertera pada porsi haji ini, Anda bisa melakukan pengecekan waktu keberangkatan haji. Biasanya para calon jamaah haji akan mendapatkan nomor porsi haji ketika melakukan setoran pertama pembayaran di Bank.

Nomor porsi haji wajib diperhatikan. Setelah melakukan pendaftaran, jangan lupa cek porsi haji Anda. Pastikan ada 10 digit dan segera simpan. Nah, 10 digit angka pada porsi haji ini harus Anda kantongi karena sewaktu-waktu Anda bisa mengetahui adanya perubahan data yang kemungkinan dilakukan dari Kemenag.

Ya, perubahan data memang bisa saja dilakukan Kemenag terkait dengan perkiraan berangkat haji 2019 Indonesia. Jadi usahakan ketika Anda telah terdaftar, jangan lupa untuk selalu mengeceknya beberapa kali, khususnya jika telah mendekati waktu keberangkatan.

Tanpa memiliki porsi haji, Anda tidak bisa mengecek kapan kira-kira akan berangkat ke Tanah Suci. Kecuali kalau Anda masuk dalam daftar non kuota Haji Depag. Tidak perlu menggunakan porsi haji karena ada ketentuan khusus tersendiri.

Namun akan lebih baik jika Anda mengikuti kuota hajinya Depag, sehingga update informasi terbaru bisa Anda dapatkan secara pasti. Hanya tinggal menunggu urutan saja.

Keuntungan mengecek perkiraan waktu keberangkatan haji menggunakan Porsi Haji :

  1. Perkiraan keberangkatan sudah mendekati kevalidan
    Walaupun masih perkiraan, setidaknya sudah ada tahap lanjutan. Anda tidak hanya digantung dengan menunggu tanpa informasi apapun. Sekitar 90 % perkiraan keberangkatan benar, namun masih menunggu keputusan final. Anda akan mendapatkan pemberitahuan secara langsung jika sudah sah berangkat sesuai waktu yang diperkirakan tersebut.
  2. Menjadi calon jama’ah haji di bawahnya naungan Depag
    Lebih resmi dan juga lebih menguntungkan, karena berada di bawah tanggung jawab penuh pemerintah sejak awal pendaftaran haji sampai dengan pelaksanaan.
  3. Mudah dalam melakukan penggalian informasi keberangkatan haji
    Ada website yang siap di akses kapan saja dan di mana saja. Yang terpenting adalah memiliki nomor porsi haji.
  4. Mendapatkan perkiraan jadwal keberangkatan haji, pelaksanaan, sampai dengan kepulangan jamaah haji.
  5. Pelayanan yang lengkap
    Porsi Haji bisa menjadi latar penghubung Anda dengan penyelenggara haji. Semua informasi dapat diakses secara penuh kapan saja. Fasilitas-fasilitas pun juga akan Anda dapatkan.
  6. Pelayanan yang memuaskan
    Dengan menggunakan nomor porsi haji, Anda akan dipuaskan dengan kemudahan menggunakan layanan dari pihak penyelenggara haji.

Uji kesiapan Anda untuk segera berangkat ke Tanah Suci. Pastikan nomor porsi haji Anda aman disimpan untuk digunakan pengecekan jadwal keberangkatan Anda ke Tanah Suci. Jangan sampai ketinggalan informasi terkini tentang keberangkatan haji.

Walaupun nantinya pihak penyelenggara haji langsung menghubungi Anda untuk keberangkatan yang pasti, namun akan lebih baik jika Anda mengetahui perkiraan berangkat haji terlebih dahulu untuk mempersiapkan diri. Ini akan membuat hati jadi lebih tenang mengingat masa menunggu perjalanan ibadah haji bukan hanya hitungan bulan saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tanya-Tanya Admin>>