Perlengkapan Umroh Saat Musim Dingin

perlengkapan umroh, umroh musim dingin
perlengkapan umroh, umroh musim dingin
Untuk beberapa jamaah umroh di Indonesia, menjalankan ibadah umroh pada saat musim dingin merupakan tantangan tersendiri untuk para jamaah

Musim dingin di Arab Saudi biasa berlangsung pada bulan Desember hingga Februari. Suhu udara di Tanah Suci pada masa itu bisa mencapai minus nol derajat celsius. Tak heran jika banyak sekali paket umroh musim dingin yang ditawarkan karena masyarakat enggan melakukan ibadah umroh saat cuaca tengah ekstrem. Memang Anda membutuhkan perlengkapan umroh yang lebih banyak dibandingkan bulan biasa. Tetapi, ada banyak alasan yang mendukung umroh saat musim dingin melanda Arab Saudi.

Keuntungan umroh musim dingin

Beberapa orang mungkin bisa menjadikan musim dingin sebagai momen yang tepat untuk melaksanakan ibadah meski perlengkapan umroh yang diperlukan lebih banyak. Berikut setidaknya 2 keuntungan utama yang bisa Anda dapatkan jika umroh pada musim dingin.

  1. Harga paket umroh yang cenderung lebih murah

Keuntungan pertama yang bisa Anda dapatkan jika memilih paket umroh spesial musim dingin adalah harga yang cenderung lebih murah. Khususnya setelah musim haji berakhir, banyak sekali agen travel umroh yang menyediakan paket promo dengan harga terjangkau. Bagi Anda yang memiliki dana terbatas namun ingin melaksanakan ibadah umroh, musim dingin bisa menjadi pilihan tepat.

  1. Momen akhir dan awal tahun yang tepat

Keuntungan lain yang bisa Anda jadikan referensi melaksanakan ibadah umroh saat musim dingin bulan Desember atau Januari adalah suasana Tanah Suci lebih sepi. Momen ini bisa menjadi waktu untuk muhasabah diri atau mengevalusi kehidupan Anda selama setahun terakhir sekaligus menjadi waktu untuk berubah lebih baik.

Itulah kenapa banyak orang mungkin memilih umroh pada saat musim dingin dibandingkan musim panas yang ekstrem. Namun, bagi jamaah asal Indonesia yang hendak melaksanakan ibadah umroh pada saat musim dingin wajib mempersiapkan perlengkapan umroh dengan baik termasuk adaptasi lingkungan sekitar. Pasalnya, umroh saat musim dingin berarti siap menghadapi perubahan cuaca ekstrem yang bisa mencapai 0 sampai minus derajat celsius.

Tips mempersiapkan perlengkapan umroh saat musim dingin

perlengkapan umroh, umroh musim dingin
Mempersiapkan perlengkapan umroh saat musin dingin penting untuk Anda yang memang ingin melaksanakannya. Namun penting juga mempersiapkan diri Anda dengan kondisi cuaca yang cukup ekstrem ketika di tanah suci

Gangguan kesehatan bisa saja dialami jamaah umroh asal Indonesia yang perlu menyesuaikan diri dengan cuaca musim dingin Arab Saudi sejak menjejakkan kaki di bandara King Abdul Aziz. Bibir pecah-pecah, kulit menjadi kering dan bersisik, batuk, gatal-gatal, alergi hingga gangguan kesehatan lebih parah bisa saja terjadi. Ada baiknya Anda tahu tips mempersiapkan perlengkapan umroh musim dingin agar bisa meminimalisir risiko buruk yang mungkin saja terjadi selama pelaksanaan ibadah berikut ini.

  1. Mempersiapkan kesehatan fisik secara maksimal

Selain perlengkapan umroh, hal yang paling penting dan utama wajib Anda perhatikan adalah soal kesiapan fisik menjalani ibadah umroh. Umroh yang merupakan rangkaian ibadah sunnah tak hanya membutuhkan kesiapan mental dan ilmu namun tubuh yang prima. Meski jarak antara hotel dan tempat ibadah lumayan dekat, tetapi para jamaah tetap harus berjalan kaki. Bahkan, hampir seluruh aktivitas dilakukan dengan berjalan kaki.

Mulai sekarang sebaiknya para calon jamaah haji mempersiapkan diri dengan rutin melakukan aktivitas olahraga seperti berjalan kaki. Lengkapi aktivitas olahraga tersebut dengan pola hidup yang sehat seperti menjaga porsi makan seimbang, banyak berolahraga, rajib mengkonsumsi buah dan sayuran, perbanyak minum air putih dan lakukan istirahat dengan baik.

  1. Mempersiapkan semua kebutuhan umroh musim dingin

Apa saja yang dibutuhkan selama melaksanakan ibadah umroh musim dingin? Anda jelas membutuhkan pakaian tebal untuk mengantisipasi cuaca dingin di Arab Saudi yang lumayan ekstrem. Pastikan memasukkan berbagai pakaian tebal dalam koper seperti sweeter, jaket, kaos kaki, masker, selimut tebal dan penutup kepala. Jika membawa anak-anak, pastikan perlengkapan umroh mereka lebih lengkap mengingat kondisi imun anak-anak cenderung lebih mudah terserang penyakit dibandingkan orang dewasa.

  1. Persiapkan kotak obat pribadi

Serangan cuaca dingin mungkin akan menghambat aktivitas ibadah umroh sehingga Anda wajib mempersiapkan perlengkapan umroh berupa kotak obat pribadi. Anda bisa membawa obat herbal khusus masuk angin, obat antisipasi flu atau batuk dan selalu siapkan krim pelembab. Krim pelembab ini efektif membuat klit tetap terhidrasi dengan baik agar tidak bersisik, gatal dan lain-lain. Selain itu, Anda juga bisa menyiapkan lip balm untuk memberikan nutrisi pada bibir agar terhindar dari masalah bibir pecah-pecah.

Untuk si kecil, tak ada salahnya selalu menyiapkan madu murni sebagai perlengkapan umroh. Madu bisa menunjang kesehatan Anda dan si kecil selama melaksanakan ibadah umroh. Selain itu, madu bisa pula menjadi salah satu perlengkapan umroh yang efektif melembabkan bibir agar tidak terlampau kering. Sebaiknya Anda membawa madu atau obat-obatan dari Tanah Air agar tidak membuang waktu mencari produk yang dibutuhkan di berbagai toko farmasi Tanah Suci. Anda jelas ingin fokus ibadah, bukan?

  1. Mempersiapkan kemasan air mineral yang bisa dibawa ke mana-mana

Saat siang hari, suhu udara di Tanah Air relatif lebih hangat sehingga Anda tetap membutuhkan konsumsi air minum setidaknya 5-6 liter sehari. Membawa perlengkapan umroh berupa kemasan air minum bisa mencegah tubuh mengalami dehidrasi. Air zam-zam mudah ditemukan di masjid yang bisa Anda konsumsi untuk mencegah tubuh mengalami kekurangan cairan.

  1. Datang ke masjid lebih awal

Hembusan angin kencang saat musim dingin Arab Saudi berlangsung mungkin bisa membuat tubuh terasa kurang sehat. Tips mencegah terjadi masalah kesehatan adalah datang ke masjid lebih awal agar bisa melaksanakan rangkaian ibadah di dalam bangunan masjid. Anda yang mengajak si kecil wajib memperhatikan poin ini jika tidak ingin mengalami masalah serius. Pasalnya, keterlambatan sebentar saja bisa membuat Anda beribadah di pelataran masjid yang memiliki hawa dingin lebih menyiksa.

  1. Berkonsultasi dengan dokter kloter umroh atau petugas

Jika mengalami rasa sakit akibat terpaan cuaca dingin Arab Saudi, sebaiknya tetap berkonsultasi dengan dokter kloter rombongan atau menghubungi petugas agar bisa mendapatkan penanganan lebih lanjut. Mengabaikan gejala sakit bisa saja berakibat pada kelangsungan ibadah umroh yang kurang lancar. Apalagi Anda yang memiliki riwayat penyakit tertentu, harus selalu mematuhi anjuran dokter agar bisa beribadah dengan maksimal.

Ibadah umroh yang membutuhkan waktu berhari-hari baik 9 atau 12 hari jelas membutuhkan persiapan yang matang. Perlengkapan umroh yang baik akan mendukung kelancaran ibadah Anda di Tanah Suci.

Info Lebih Lanjut untuk Haji dan Umroh Silahkan Menghubungi  :

Kantor Agen Bogor Timur :

RWPGrup Indonesia

Jl. Sukajaya I No.17, Jl. Raya Tajur – Bogor, Jawa Barat

(Pangkalan Ojeg Sukajaya I, disebelah Pool Bus Lorena/POM Bensi Lorena, lalu Kawasaki Motor)

Telp. : 0251 – 833 03 25

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ngobol yuk