Persiapan Umroh 9 Hari untuk Wanita

persiapan umroh, umroh wanita 9 hari
umroh wanita 9 hari
Persiapan umroh untuk wanita selama 9 hari di Baitullah memerlukan perlakuan khusus, karena pakaian yang diperlukan pun lebih banyak dari pria

Persiapan Fisik Umroh Wanita 9 Hari

Umroh biasa dikenal sebagai haji kecil karena sejumlah tata cara dari pelaksanaan umroh yang memang mirip dengan ibadah haji. Namun demikian, pelaksanaan umroh bisa lebih fleksibel waktunya, yang mana bisa dilaksanakan sewaktu-waktu di luar musim haji dengan waktu yang relatif lebih singkat.

Mendapatkan kesempatan untuk mengunjungi Baitullah merupakan salah satu peristiwa yang paling didambakan umat Islam. Selagi kita diberi kesempatan oleh Allah Swt, wajib hukumnya untuk mempersiapkan segala hal yang dibutuhkan dengan sebaik mungkin, agar ibadah umroh kita pun dapat berjalan lancar, nyaman, dan khusyuk.

Tak hanya itu saja, ibadah yang satu ini juga termasuk sebagai salah satu ibadah yang sunah dan diutamakan. Proses pendaftaran untuk melaksanakan umroh pun terbilang lebih mudah dan sederhana dibandingkan ibadah haji yang harus mengantri hingga puluhan tahun. Meskipun terlihat lebih sederhana, tentu ibadah umroh pun membutuhkan persiapan yang matang supaya dalam pelaksanaannya bisa berjalan lancar.

Mengingat bahwa cuaca/iklim dan suhu di kota Mekkah ini lebih panas dari Indonesia, dan kadang-kadang juga dapt berubah dingin di malam hari nya. Membuat Anda para jamaah pastinya harus mempersiapkan segala sesuatu nya, persiapan tersebut baik berupa persiapan fisik, mental, serta persiapan perlengkapan pribadi Anda.

Ibadah umroh melibatkan serangkaian kegiatan yang membutuhkan kondisi fisik yang prima. Itulah sebabnya para calon jemaah umroh wajib mempersiapkan tubuhnya agar tetap sehat dan prima hingga hari pelaksanaan umroh tiba. Persiapan fisik yang dapat dilakukan para calon jemaah umroh wanita yang paling utama adalah dengan rutin berolahraga.

Anda tidak perlu melakukan latihan fisik yang terlalu berat. Salah satu contoh latihan fisik ringan yang dapat Anda praktikkan untuk menjaga kebugaran tubuh sebelum berangkat ke Tanah Suci adalah joging, dan senam kebugaran.

Faktor makanan yang dikonsumsi juga tidak boleh luput dari perhatian. Pastikan Anda tidak mengonsumsi makanan yang menimbulkan reaksi alergi atau gangguan pencernaan dan imunitas menjelang keberangkatan ke Tanah Suci.

Usahakan pula agar Anda tidak banyak melakukan aktivitas yang menguras tenaga, apalagi yang memaksa Anda tidur terlalu larut. Kurangnya jam istirahat di malam hari tentunya akan menyebabkan tubuh menjadi lebih mudah lelah. Bila perlu, Anda dapat mengonsumsi multivitamin untuk menjaga daya tahan tubuh agar tetap bugar.

Tubuh yang sehat dan bugar merupakan syarat utama agar Anda dapat melakukan aktivitas ibadah yang nyaman dan jauh dari gangguan yang akan mengurangi kekhusyukan ibadah Anda.

Persiapan Logistik Umroh Wanita 9 Hari

persiapan umroh, umroh wanita 9 hari
Persiapan fisik sangat diperlukan untuk wanita yang akan umroh selama 9 hari. Terlebih jika usia jamaah sudah diatas 60 tahun.

Dalam mempersiapkan perlengkapan umroh wanita untuk 9 hari  ada beberapa hal penting yang harus Anda siapkan betul-betul adalah, seperti pakaian syar’i yang tetap nyaman di segala cuaca saat beribadah umroh. Lalu perlengkapan apalagi yang harus disiapkan untuk umroh wanita 9 hari ini? Dapat Anda simak ulasan nya di bawah ini.

Berikut ini adalah beberapa tips tentang persiapan umroh 9 hari untuk wanita yang mungkin bisa membantu Anda.

  1. 1. Pilihlah jenis pakaian yang nyaman

Cuaca dan iklim yang ada di tanah suci Mekkah berbeda dengan apa yang ada di tanah air. Hal ini hendaknya menjadi perhatian bagi Anda ketika merencanakan untuk berangkat ke tanah suci, termasuk dalam hal memilih pakaian yang akan dikenakan. Iklim di Mekkah cenderung bisa sangat panas dan bisa pula menjadi sangat dingin. Saat musim panas, Anda bisa memilih pakaian yang berbahan katun dan jenis rajut saat musim dingin. Selain itu, Anda bisa menyiapkan lima hingga enam gamis ataupun abaya untuk menunjang aktivitas selama di sana.

  1. 2. Pilih jenis kerudung yang simple dan praktis

Bila Anda akan menjalani kegiatan umroh selama 9 hari maka hal ini bisa dipastikan jadwal kegiatan yang Anda miliki pun sangat padat. Inilah mengapa Anda sebaiknya memilih jenis kerudung yang nyaman, praktis dan simple untuk digunakan. Dalam hal ini, Anda bisa menyiapkan sekita lima atau enam kerudung yang menutupi dada serta dalaman kerudung menyesuaikan.

  1. 3. Tips tetap terlihat segar meski tanpa make up

Adanya larangan membawa make up sesungguhnya merupakan salah satu upaya supaya para jamaah bisa lebih menahan diri. Bagaimanapun tujuan ke tanah suci adalah untuk beribadah dan meningkatkan kualitas diri. Meskipun tanpa make up, bukan berarti Anda tidak boleh merawat diri supaya tetap terlihat segar selama berada di tanah suci. Dalam hal ini, Anda bisa menyiapkan pelembab, sunscree/sunblock, lipbalm, facial wash, serum, serta antiseptik.

  1. 4. Pastikan perlengkapan ibadah tak terlupa

Tujuan Anda datang ke Baitullah adalah untuk beribadah dan memperdalam kualitas diri sehingga Anda sebaiknya juga tak melupakan untuk menyiapkan beberapa perlengkapan untuk beribadah seperti buku doa, buku yasin, alquran, mukena, serta botol minum untuk menyimpan air zamzam.

  1. 5. Jaga kondisi kesehatan

Rangkaian kegiatan yang padat selama berada di tanah suci seringkali membuat daya tahan tubuh menurun. Dalam hal ini, Anda sebaiknya menyiapkan vitamin untuk menambah ketahanan tubuh. selain itu, Ada sebaiknya juga rutin untuk mengonsumsi air putih terutama air zamzam selama di tanah suci. Mengkonsumsi makanan sehat juga menjadi salah satu hal penting untuk menjaga kondisi tubuh tetap fit dan sehat.

  1. 6. Memilah isi tas

Untuk membuat Anda mudah dalam membawa barang bawaan selama dalam perjalanan ataupun ketika beraktivitas ibadah di tanah suci, Anda sebaiknya memperhatikan pembagian isi tas Anda. Dalam hal ini, alangkah baiknya bila Anda membagi bawaan Anda ke dalam beberapa jenis tas mulai dari yang kecil hingga yang besar.

Untuk tas kecil bisa Anda gunakan untuk menyimpan paspor, tanda pengenal, ataupun dompet. Tas jinjing bisa diisi dengan satu pakaian ihram dan pakaian dalam, kaos tangan untuk shalat di pesawat, kaos kaki, obat dan vitamin, tisu dan plastik. Sedangkan untuk tas besar bisa digunakan untuk menyimpan beberapa perlengkapan lain selama di tanah suci. Tas besar yang Anda siapkan bisa disiman di bagasi selama di pesawat.

Dalam perlengkapan umroh wanita untuk 9 hari yang terpenting dari 6 hal di atas adalah jangan lupa membawa barang-barang kecil. Yakni seperti payung, kacamata hitam, pantyliner untuk wanita dimana hal ini agar mengantisipasi datangnya masa haid saat beribadah. Demikian halnya juga dengan payung dan kaca mata, biasanya para jamaah membawa perlengkapan ini untuk melindungi dirinya dari panasnya cuaca dan debu.

Selain itu Anda juga dapat membawa peralatan ibadah seperti sajadah dan mukena yang bisa Anda bawa ke masjid saat sholat berjamaah. Tak hanya itu Anda juga dapat membawa peralatan mandi serta obat-obatan, dimana obat-obatan ini agar dapat mengantisipasi saat Anda tidak enak badan ketika baik di perjalanan maupun saat melakukan ibadah umroh.

Demikian tips persiapan umroh 9 hari untuk wanita yang semoga bisa membantu Anda demi kelancaran ibadah umroh ke tanah suci.

 

Info Lebih Lanjut untuk Umroh Silahkan Menghubungi  :

Kantor Agen Bogor Timur :

RWPGrup Indonesia

Jl. Sukajaya I No.17, Jl. Raya Tajur – Bogor, Jawa Barat

(Pangkalan Ojeg Sukajaya I, disebelah Pool Bus Lorena/POM Bensi Lorena, lalu Kawasaki Motor)

Telp. : 0251 – 833 03 25

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ngobol yuk