Persyaratan Daftar Umroh

Sebagai negara dengan umat muslim terbesar di dunia, Indonesia memang memiliki peraturan tersendiri terkait kuota haji. Semakin banyak umat yang memiliki kemampuan melaksanakan ibadah rukun Islam tersebut, kuota haji pun dibatasi. Setidaknya Anda harus menunggu hingga belasan tahun untuk bisa melangsungkan ibadah yang diimpikan seluruh umat Islam di dunia tersebut. Demi menunaikan rindu, umroh menjadi pilihan sebelum bisa melaksanakan haji. Apa saja persyaratan umroh yang wajib dipenuhi calon jamaah?

persyaratan umroh, persyaratan daftar umroh
Jika Anda dalam waktu dekat akan melaksanakan ibadah umroh, cek dengan seksanma persyaratan daftar umroh yang harus disiapkan agar mudah ketika nanti dibutuhkan

Persyaratan dokumen daftar umroh

Persyaratan umroh yang utama tentu saja fisik dan mental mengingat ibadah ini membutuhkan kurun waktu yang lumayan lama sekitar 9-12 hari. Persyaratan umroh juga mewajibkan Anda melengkapi semua kebutuhan dokumen selama berada di Tanah Suci. Berikut dokumen yang wajib diserahkan pada petugas atau pengurus sebelum pembuatan visa di kedutaan Arab Saudi yang ada di Jakarta.

  1. Paspor asli yang masih berlaku minimal 6 bulan dari tanggal keberangkatan Anda ke Tanah Suci

Sebagai persyaratan umroh paling utama, paspor Anda harus memiliki setidaknya tiga suku kata. Anda bisa menghubungi petugas untuk mendapatkan informasi seputar nama dalam paspor ini.

  1. Buku Nikah, KTP atau Kartu Keluarga (KK) asli
  2. Dokumen akta lahir asli bagi calon jamaah umroh yang berusia kurang dari 17 tahun
  3. Surat Keterangan Mahram. Surat keterangan ini berlaku untuk calon jamaah haji berjenis kelamin wanita dan berumur kurang dari 40 tahun wajib ditemani mahram.
  1. Lampiran surat keterangan vaksin meningitis
  2. Tiket pesawat keberangkatan pulang pergi ke Tanah Suci
  3. Bukti pembayaran hotel atau penginapan selama berada di Arab Saudi
  4. Pas foto ukuran 4×6 sebanyak 6 lembar

Persyaratan umroh terkait pas foto antara lain harus berfoto dengan background putih, tampak wajah 80%, tidak memakai kacamata, tidak memakai pakaian dinas serta jilbab wanita disarankan tidak berwarna putih agar tidak kontras dengan background foto nantinya.

  1. Melampirkan nomor kontak telepon orang yang memiliki handle atau tanggung jawab selama perjalanan umroh yang Anda lakukan di Tanah Suci
  2. Melakukan booking down payment umroh

Persyaratan umroh harus terpenuhi agar semua kelengkapan Anda bisa diproses dengan cepat. Jika Anda melakukan pendaftaran secara online dan menyerahkan lampiran dokumen copy, maka dokumen persyaratan daftar umroh yang asli harus segera diserahkan setidaknya tiga minggu sebelum keberangkatan. Tentu pelunasan biaya umroh harus diselesaikan terlebih dahulu sebelum keberangkatan. Saat Anda mendaftar umroh dan membayar uang muka, dipastikan akan segera mendapatkan tanggal keberangkatan.

Pastikan juga bahwa Anda sudah mempelajari masalah kredilitas agen travel yang mengurusi persyaratan umroh Anda. Jangan sampai salah pilih mengingat banyak sekali penipuan mengatasnamakan travel umroh dewasa ini. Anda harus mengecek ijin agen travel di Kementerian Agama terlebih dahulu sebelum memutuskan menggunakan jasa travel tersebut. Tidak ada salahnya melihat berbagai testimoni dari jamaah umroh sebelumnya terkait pelayanan selama Anda berada di Tanah Suci.

Dokumen persyaratan umroh diatas berlaku untuk mendapatkan visa umroh. Itulah kenapa Anda direkomendasikan untuk menggunakan jasa travel umroh. Bisa dikatakan bahwa travel umroh terdaftar Kemenag merupakan syarat mendapatkan visa umroh di Tanah Suci. Sulit mewujudkan keinginan umroh secara backpacker sebab ada risiko yang mungkin saja bisa terjadi.

Bisa jadi setiap agen travel umrah memiliki persyaratan umroh yang berbeda tergantung pada travel umroh yang Anda pilih. Biaya pembuatan paspor atau visa mungkin sudah terangkum semua dalam tawaran biaya umroh ke Tanah Suci. Anda hanya perlu terima beres dan persiapkan diri baik fisik serta mental agar bisa melaksanakan ibadah umroh dengan lancar.

Penjelasan mengenai syarat mendapatkan kartu meningitis dan surat keterangan mahram

persyaratan umroh, persyaratan daftar umroh
Paspor adalah salah satu dokumen yang merupakan persyaratan daftar umroh. Cek Paspor Anda sebelum berangkat umroh apakah masih berlaku atau harus diperpanjang

Selain paspor dan visa, kartu kuning keterangan vaksin meningitis dan surat keterangan mahram merupakan persyaratan umroh yang wajib dilengkapi. Untuk mendapatkan kedua surat penting tersebut, Anda harus tahu prosedur yang berlaku seputar pengadaan surat tersebut.

Cara mendapatkan kartu kuning vaksin meningitis tentu saja datang ke Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) yang ada di seluruh Indonesia. Waktu terbaik melakukan vaksin meningitis meningokokus adalah tiga minggu sebelum tanggal keberangkatan. Jika calon jamaah sedang berhalangan vaksin, sebaiknya minimal 10 hari sebelum berangkat harus sudah vaksin. Hal ini dilakukan untuk mencegah tertular penyakit berbahaya meningitis atau selaput radang otak.

Seperti yang diketahui khalayak luas bahwa Arab Saudi merupakan endemik meningitis sehingga antisipasi sejak awal wajib dilakukan. Setelah Anda melakukan proses vaksinasi meningitis, petugas akan memberikan kartu kuning atau kartu ICV (International Certificate of Vaccination). Kartu ini merupakan persyaratan umroh untuk mendapatkan visa umroh dari kedutaan besar. Sebagai informasi tambahan, vaksin meningitis yang digunakan adalah Manveo ACW 135Y yang telah terdaftar halal dari MUI dan BPOM RI.

Cara mendapatkan surat keterangan mahram sebagai persyaratan umroh bagi wanita bisa Anda konsultasikan dengan agen travel. Jika semua dokumen telah dilengkapi, Anda tinggal menunggu konfirmasi pengajuan visa disetujui. Pihak travel umroh pilihan akan melakukan pengajuan visa mulai bulan Shafar hingga Ramadhan saja. Sudahkah Anda melengkapi semua dokumen persyaratan yang dibutuhkan?

Persyaratan umroh terkait kelengkapan dokumen di atas harus Anda penuhi agar tidak menimbulkan masalah. Jika pendaftaran diterima dan Anda tinggal menunggu jadwal keberangkatan yang ditetapkan, ada baiknya mengetahui syarat ibadah umroh seperti beragama Islam, berakal, baligh, telah mampu dan merdeka.

Kini, Anda hanya perlu menyiapkan fisik dan mental untuk bersiap melaksanakan ibadah umroh ke Tanah Suci. Pastikan kondisi Anda selalu prima dengan melakukan olahraga, istirahat, minum air putih dan melakukan pola hidup sehat mengingat ibadah umroh membutuhan fisik prima. Secara psikologis, Anda harus mulai memperbanyak amalan harian agar siap menjalankan ibadah di Tanah Suci. Anda jelas ingin rencana ibadah yang telah disiapkan jauh hari berjalan lancar tanpa halangan sakit dan lain-lain, bukan?

Persyaratan umroh telah lengkap serta jadwal keberangkatan telah ada di depan mata, yakinkan diri Anda untuk melaksanakan ibadah umroh dengan lancar. Jangan lupa untuk membawa semua kebutuhan perlengkapan umroh dalam koper Anda jauh hari. Hal ini untuk meminimalisir hal tidak diinginkan seperti ada barang tertinggal yang mungkin bisa mengganggu fokus ibadah Anda. Yuk, pilih paket umroh pilihan Anda sekarang juga!

Info Lebih Lanjut untuk Haji dan Umroh Silahkan Menghubungi  :

Kantor Agen Bogor Timur :

RWPGrup Indonesia

Jl. Sukajaya I No.17, Jl. Raya Tajur – Bogor, Jawa Barat

(Pangkalan Ojeg Sukajaya I, disebelah Pool Bus Lorena/POM Bensi Lorena, lalu Kawasaki Motor)

Telp. : 0251 – 833 03 25

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ngobol yuk