Persyaratan Vaksin Meningitis untuk Umroh

Persyaratan umroh salah satunya yaitu dengan melakukan vaksin meningitis terlebih dahulu. Setiap jamaah haji yang akan berangkat ke Mekkah, diwajibkan untuk melakukan vaksin meningitis. Bila anda ingin melakukan ibadah haji atau umroh maka, jangan sampai lupa untuk melakukan vaksinasi tersebut. Pasalnya persyaratan umroh vaksin meningitis sangat wajib, bila anda belum melakukan maka anda tidak boleh berangkat.

persyaratan umroh, persyaratan vaksin meningitis
Persyaratan vaksin meningitis untuk umroh memang diwajibkan oleh pemerintan kerajaan Arab Saudi, untuk memastikan kesehatan para jamaah yang akan datang ke tanah suci untuk melakukan ibadah umroh atau haji

Mengapa Vaksin Meningitis Dimasukkan ke Dalam Persyaratan Umroh? 

Berbagai macam tour yang  menangani umroh dan haji pasti akan mengajukan persyaratan umroh melakukan vaksin. Mengapa hal demikian bisa terjadi? Karena menjaga kesehatan saat melakukan ibadah haji itu sangat penting. Perlu diketahui bahwa banyak sekali penyakit endemik yang berada di luar sana terutama di kota Mekkah. Bila tidak menjaga kesehatan tubuh maka, anda bisa tertular penyakit endemik seperti meningitis.

Sebenarnya dari pemerintahan kerajaan Arab sendiri sudah memerintahkan agar seluruh Jemaah umroh maupun haji harus melakukan vaksin terlebih dahulu. Hal ini juga sudah dihimbau oleh WHO (World Health Organization) negara Arab Saudi bahwa disana merupakan tempat yang memiliki penyakit endemik yaitu meningitis. Tahukah anda bahwa penyakit ini sangat berbahaya sekali, oleh sebab itu pencegahan harus dilakukan.

Anda pasti tidak mau kalau pulang dari perjalanan ibadah umroh menjadi tidak sehat. Badan menjadi sakit karena terinfeksi oleh virus meningitis. Hal tersebut tidak boleh dibiarkan karena itu anda harus memenuhi persyaratan umroh yang berupa melakukan vaksin meningitis. Lagipula melakukan vaksin ini biasanya dilakukan bersama-sama dengan Jemaah umroh lainnya yang telah diatur oleh pihak travel.

Vaksin meningitis menjamin bahwa tubuh anda tetap sehat. Sistem kekebalan tubuh menjadi kuat sehingga kebal sekali terhadap virus endemik meningitis yang berada disana. Bila anda melakukan vaksin maka, harus menerima resiko akibat melakukan vaksin. Biasanya orang yang selesai melakukan vaksin maka, setelahnya tubuh menjadi demam, pusing dan badan kurang fit. Jangan khawatir karena efek sampingnya memang begitu.

Peryaratan Umroh Tentang Penyakit Meningitis

Meningitis merupakan sebuah penyakit yang diakibatkan oleh virus, bakteri dan mikroorganisme lainnya. Bisa juga meningitis itu disebabkan oleh mengkonsumsi obat-obatan tertentu. Meningitis adalah penyakit yang dapat menyebabkan kematian bagi para penderitanya, karena penyakit ini terjadi pada selaput otak serta sumsum tulang belakang. Ternyata penyakit ini sangat berbahaya, oleh sebab itu anda harus melakukan vaksin.

Sebagian besar penderita yang tidak menangani penyakit meningitis dengan cepat maka, dapat berakibat fatal. Penderita bisa mati dengan cepat, sungguh sangat menyedihkan sekali. Bahkan anda yang melakukan penyembuhan dengan cepat, juga kemungkinan sembuhnya sangat sedikit. Bila anda sembuh tetapi pasti ada kecacatan pada salah satu organ tubuh anda.

Ternyata begitu berbahaya sekali, maka dari itu persyaratan umroh harus mewajibkan jemaahnya melakukan vaksin meningitis. Perlu diketahui bahwa saat berpergian umroh anda harus selalu hati-hati, karena virus penyebab meningitis ini dapat menular dengan berbagai cara. Virus dapat menular melalui udara, tempat umum, dan masih banyak lainnya.

Sekarang anda harus memenuhi persyaratan umroh dengan melakukan vaksin meningitis. Bila anda melakukannya maka anda bisa mencegah agar virus tidak dapat masuk ke dalam tubuh. Biasanya orang yang terkena penyakit meningitis maka, ada gejala yang ditunjukkan seperti demam, leher terasa kaku, mual, fotopobia dan sangat peka terhadap suara yang sangat keras.

Bila selesai melakukan ibadah umroh kemudian anda merasakan hal yang menjadi gejala meningitis tersebut maka, bisa langsung melakukan pemeriksaan langsung ke dokter. Penanganan langsung akan memudahkan anda dalam melakukan penyembuhan dengan cepat, karena penyakit tersebut masih belum sampai ke stadium lebih parah.

Cara Melengkapi Persyaratan Umroh dengan Melakukan Vaksin Meningitis

persyaratan umroh, persyaratan vaksin meningitis, vaksin meningitis umroh
Meningitis adalah sebuah penyakit yang tidak boleh dianggap sepele, karena penyakit ini dapat menyebabkan kematian. Karenanya untuk di daerah tertentu sepeti Arab Saudi, persyaratan vaksin meningitis untuk umroh sangat wajib

Supaya persyaratan umroh lengkap maka, segera melakukan vaksin meningitis. Suntik vaksin ini wajib sekali dilakukan karena sudah ada di peraturan kerajaan Arab Saudi. Kewajiban melakukan suntik vansin ini tertulis pada pasal 2 ayat 1 tentang bab vaksin. Bila mengetahui betapa pentingnya melakukan vaksin meningitis, jangan sampai anda melewatkannya. Bila anda melewatkannya persyaratan umroh juga belum terpenuhi.

Saat melakukan vaksin juga tidak boleh langsung begitu saja, apalagi kalau anda melakukan vaksin untuk keperluan persyaratan umroh. Dalam melakukan vaksin meningitis ada hal yang perlu dipersiapkan. Adapun persyaratan dalam melakukan vaksin yaitu bisa dilihat pada berikut ini.

  1. Surat pengantar melakukan vaksin meningitis dari pihak travel umroh
  2. Fotokopi KTP satu lembar
  3. Fotokopi paspor
  4. Membawa pas foto dengan ukuran 4×6 satu lembar

Bila melakukan vaksin meningitis namun salah satu persyaratan di atas tertinggal maka, anda tidak bisa melakukan vaksin. Terpaksa harus pulang terlebih dahulu untuk memenuhi persyaratan vaksin meningitis. Solusinya agar persyaratan melakukan vaksin tidak ketinggalan maka, anda wajib mempersiapkan dokumen apa saja yang harus dibawa sebelum berangkat.

Misalkan besok anda melakukan vaksin meningitis, malam sebelumnya anda sudah mempersiapkan dokumennya. Persyaratan umroh akan lengkap jika sudah melakukan suntik vaksin meningitis. Jangan menunda melakukan vaksin, lebih baik anda melakukan secepatnya sebelum melakukan perjalanan ibadah umroh. Vaksin meningitis akan bertahan selama 2 tahun, jadi anda bisa melakukan 5 bulan sebelum berangkat.

Dimanakah kita dapat melakukan vaksin meningitis? Anda bisa melakukan vaksin tersebut di kantor KKP ( Kantor Kesehatan Pelabuhan). Kantor ini sudah ada di berbagai daerah di Indonesia, bahkan didaerah anda pasti ada. Bila anda melakukan vaksin kekantor KKP maka, pastikan untuk datang lebih awal. KKP buka pada pukul 08.00-15.00, jadi pastikan untuk datang sebelum jam operasional KKP agar tidak antri.

Bagaimana Melengkapi Persyaratan Umroh Saat Suntik Meningitis?

Ada yang belum paham mengenai tata cara melakukan suntik meningitis tenang saja, anda bisa melihat prosedurnya dibawah ini.

  1. Mengambil nomor antrian
  2. Mengambil formulis dan mengisinya
  3. Lampirkan fotokopi paspor, KTP dan lainnya
  4. Meletakkan formulis pada kota yang disediakan
  5. Melakukan tes
  6. Melakukan vaksin diruang khusus
  7. Menerima buku kuning.

Simpan buku kuning tersebut, karena buku itu menunjukkan bahwa anda telah melakukan vaksin. Simpan buku kuning baik-baik supaya anda bisa menunjukkan bahwa telah melengkapi persyaratan umroh pada poin melakukan vaksin meningitis.

Info Lebih Lanjut untuk Haji dan Umroh Silahkan Menghubungi  :

Kantor Agen Bogor Timur :

RWPGrup Indonesia

Jl. Sukajaya I No.17, Jl. Raya Tajur – Bogor, Jawa Barat

(Pangkalan Ojeg Sukajaya I, disebelah Pool Bus Lorena/POM Bensi Lorena, lalu Kawasaki Motor)

Telp. : 0251 – 833 03 25

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ngobol yuk