Persyaratan Visa Umroh

pembuatan visa umroh, persayaratan visa umroh
pembuatan visa umroh, persayaratan visa umroh
Pembuatan visa umroh adalah salah satu persyaratan lainnya untuk dokumen kewarganeraan yang harus dimiliki selama berada di Arab Saudi

Salah satu impian setiap umat muslim yang belum bisa menyempurnakan ibadah haji adalah dengan mencoba untuk melakukan ibadah umroh yang nantinya akan membantu setiap muslim muslimat untuk bisa bertandang ke tanah suci. Namun demikian, banyak sekali hal yang perlu diurus yang salah satunya adalah dengan mengajukan visa yang bisa dilakukan dengan mengetahui persyaratan visa umroh tersebut.

Ini persyaratan yang perlu diketahui tentang pembuatan visa umroh

Perlu diketahui bersama bahwa pada hakikatnya, visa umroh merupakan dokumen yang isinya berupa izin tinggal di Arab Saudi selama beberapa hari dengan keperluan umroh. Untuk mengurus visa tersebut, banyak proses yang harus dilalui.

Selain mengetahui persyaratan visa umroh, Anda juga harus tahu bagaimana alur untuk mengurus visa tersebut, sehingga Anda tidak akan terjebak selama proses tersebut. Sebelumnya, berikut ini beberapa persyaratan visa umroh yang perlu Anda ketahui.

  1. Pastikan Anda memiliki passport terlebih dahulu

Salah satu hal yang perlu Anda perhatikan sebagai bagian dari persyaratan visa umroh adalah dengan memiliki passport yang di dalamnya terdapat nama asli anda. Akan lebih baik jika nama Anda terdiri dari tiga kata yang nantinya akan meminimalisir atas resiko kehilangan orang ataupun sejenisnya. Selain itu, pastikan untuk memastikan jika passort tersebut masih berlaku minimal 8 bulan sebelum hari keberangkatan.

Bagaimana jika nama Anda hanya dua kata? Hal semacam ini ternyata bisa disiasati dengan menambahkan nama ayah ataupun kakek di belakang nama anda. salah satu persyarakat visa umroh ini bisa Anda lakukan dengan menghubungi pihak customer service. Tentu saja Anda harus membawa persyaratan seperti halnya nomer resi, fotokopi akta lahir, kartu keluarga, KTP, matrei 6000, passor asli dan form penambahan nama.

  1. Kartu keluarga yang asli ataupun fotocopy

Hal lain terkait dengan persyarakat visa umroh adalah dengan membawa kartu keluarga yang asli ataupun fotocopy yang nantinya akan digunakan oleh para petugas untuk mengecek kebenaran data diri pihak yang mengajukan visa untuk umroh. Oleh sebab itu, tidak mengherankan jika Anda diminta untuk membawa dokumen tersebut.

  1. Buku nikah bagi yang sudah menikah

Sangat penting untuk Anda ketahui bagi yang sudah menikah bahwa salah satu persyaratan visa umroh adalah dengan membawa buku nikah yang nantinya akan menjadi bukti atas hubungan pernikahan tersebut. tentu saja hal ini sudah umum untuk selalu dipenuhi dalam mengajukan visa umroh.

  1. Akta kelahiran yang asli

Selain beberapa persyarakat visa umroh yang tersebut di atas, Anda juga sangat disarankan untuk mengumpulkan akta kelahiran asli. Hal ini diberlakukan pada anak yang ada di usia 17 tahun dan juga para wanita yang berusia hingga 40 tahun. Oleh sebab itu, pastikan Anda mempersiapkan dokumen penting yang satu ini.

  1. Bukti kuning atas suntik meningitis

Hal lain terkait dengan persyarakat visa umroh adalah dengan menyertakan bukti atas suntuk meningitis yang berupa bukti kuning. Perihal ini bisa dilakukan serta didapatkan dengan mengunjungi Dinas Kesehatah Kota ataupun dengan menuju ke kantor kesehatan pelabuhan setempat.

  1. Surat mahram

Bagi Anda para wanita yang kemudian memutuskan untuk melakukan ibadah umroh tanpa adanya pendampingan dari pihak keluarga ataupun suami, maka hal terpenting yang harus dimiliki adalah surat mahram yang menjadi persyaratan visa umroh. Hal ini penting untuk dimiliki sebagai pertAnda jika dia sudah memiliki pasangan.

  1. Pas foto

Perihal lain terkait dengan persyaratan visa umroh adalah dengan mengumpulkan pas foto dengan ukuran 4 x 6 sebanyak 6 lembar. Selanjutnya, pas foto tersebut harus memiliki latar berwarna putih dengan penampang wajah terlihat sekitar 80%. Foto ini nanti akan digunakan sebagai pelengkap administrasi dokumen yang dibutuhkan untuk umroh.

  1. Bukti transportasi serta akomodasi

Jika Anda ingin membuat visa umroh, maka hal lain yang memang perlu diperhatikan terkait dengan persyarakat visa umroh adalah bukti transportasi ataupun akomodasi yang akan membuat perjalanan Anda lancar. Dalam hal ini, Anda bisa menunjukkan bukti kontrak hotel ataupun bus selama umroh.

  1. Tiket pesawat

Selain beberapa yang tersebut di atas, persyaratan visa umroh adalah dengan menyertakan tiket pesawat umroh asli pulang dan juga pergi. Jenis tiket yang biasanya dipilih adalah Jakarta – Jeddah.

  1. Data pihak yang nantinya bertanggungjawab

Terkait dengan persyaratan visa umroh yang lain, Anda juga disarankan untuk memiliki kelengkapan data atas seseorang yang bertanggungjawab umroh yang Anda jalankan.

  1. Jadwal perjalanan umroh

Pastikan Anda juga memiliki berbagai jadwal perjalanan umroh yang nantinya akan bisa Anda jadikan sebagai persyaratan visa umroh. Dengan demikian, ibadah umroh yang Anda jalankan akan semakin lancar.

  1. Mempersiapkan salinan legalitas atas biro perjalanan umroh yang Anda ikuti
  2. Pastikan Anda selalu mematuhi peraturan yang telah ditetapkan oleh pihak kedutaan besar arab Saudi ataupun pihak kemenag RI yang merupakan penyelenggara dari ibadah umroh yang Anda lakukan

Bagaimana mendapatkan visa umroh?

pembuatan visa umroh, persayaratan visa umroh
Asalkan kita tidak pernah berbuat kejahatan dan mendapat hukuman dari pengadilan. Insya Allah persyaratan visa umroh sudah Anda miliki dan tidak akan ditolak

Setelah Anda mengetahui terkait dengan persyaratan visa umroh, maka Anda bisa mendapatkan visa tersebut dengan menjadi applicant yang selanjutnya dengan memanfaatkan layanan atas biro haji ataupun travel agent, Anda akan terbantu mengurus di keduataan Arab Saudi.

Namun demikian, pihak jamaah harus mendapatkan MOFA (Ministry of Foreign Affairs) dari Muasasah. Ketika telah diterima oleh pihak kedutaan besar arab Saudi, maka berkas tersebut akan diperiksa yang selanjutnya visa tersebut akan bisa diterbitkan.

Perlu diketahui bahwa tidak ada yang namanya pengajuan visa ditolak, asalkan Anda tidak pernah melakukan tindakan kejahatan serta memastikan jika persyarakat visa umroh tersebut lengkap. Di lain sisi, visa umroh nantinya akan hanya berlaku untuk tiga kota saja, yaitu Madinah, Jeddah dan Mekah. Selain itu, visa umroh hanya berlaku sekali tidak boleh multiple entry.

Bagi Anda yang memang ingin merencanakan berpergian ke tanah suci untuk keperluan umroh, maka Anda harus mengurus visa terlebih dahulu dengan mencoba memenuhi semua persyaratan visa umroh yang tersebut di atas. Dengan cara demikian ini, maka pengajuan visa yang dilakukan sesuai prosedur akan mendapatkan persetujuan hingga akhirnya visa akan diterbitkan oleh pihak kedutaan besar Saudi Arabia. Jadi, sekarang Anda bisa berpergian dengan tenang

Info Lebih Lanjut untuk Haji dan Umroh Silahkan Menghubungi  :

Kantor Agen Bogor Timur :

RWPGrup Indonesia

Jl. Sukajaya I No.17, Jl. Raya Tajur – Bogor, Jawa Barat

(Pangkalan Ojeg Sukajaya I, disebelah Pool Bus Lorena/POM Bensi Lorena, lalu Kawasaki Motor)

Telp. : 0251 – 833 03 25

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ngobol yuk