Tips Mempersiapkan Biaya Haji dan Umroh Sejak Dini

biaya haji dan umroh

Pentingnya Mempersiapkan Biaya Haji dan Umroh Sejak Dini

Biaya Haji dan Umroh
Biaya Haji dan Umroh memang terbilang mahal, namun jika dipersiapkan dengan matang Insya Allah dan bukan tidak mungkin akan mudah pergi ke Baitullah

Setiap orang Islam pastinya memiliki harapan besar untuk bisa berkunjung ke tanah suci guna menjalankan ibadah haji ataupun umroh. Namun demikian, harapan tersebut seringkali terkendala masalah biaya yang terbilang cukup besar bagi sebagian masyarakat. Inilah mengapa sangat penting untuk mempersiapkan biaya haji dan umroh sejak dini sehingga bisa memperbesar peluang untuk bisa berkunjung ke Baitullah.

Menjadi tamu Allah, bermunajat memohon ampunan, mengharap ridha dan limpahan pahala, menjalani hari-hari dengan ibadah khusyuk, shalat di depan Kabah, berziarah ke tempat-tempat penting dalam sejarah Islam, berada di dekat makam Rasulullah SAW. Sungguh ibadah yang menggetarkan sukma, menenangkan jiwa, dan meluruhkan air mata.

Perintah untuk melaksanakan ibadah haji dan umroh adalah untuk semua umat Islam tanpa terkecuali. Namun demikian, ibadah tersebut dikhususkan bagi mereka yang mampu dari segala hal. Ibadah haji dan umroh memiliki rangkaian dan tata cara yang membutuhkan kemampuan fisik yang kuat untuk bisa melaksanakannya.

Namun, pergi ke Baitullah dan menjadi tamu Allah bukanlah sesuatu yang mudah. Selain dibutuhkan mental dan fisik yang prima, diperlukan pula biaya yang cukup besar untuk pergi haji dan umroh. Ditambah lagi, acara yang diselenggarakan di rumah, baik sebelum keberangkatan maupun sesudah kepulangan yang memerlukan dana yang tidak sedikit.

Selain itu, ibadah haji dan umroh juga membutuhkan kemampuan dari segi finansial untuk membiayai kebutuhan perjalanan, biaya haji dan umroh selama di tanah suci, termasuk biaya yang bergua untuk memenuhi kebutuhan anggota keluarga yang ditinggalkan di tanah air. Untuk menjalankan ibadah haji dan umroh juga dibutuhkan kesiapan mental.

Melihat banyaknya persiapan yang harus dipersiapkan, tak sedikit orang akhirnya merasa enggan untuk merencanakan perjalanan ibadah suci tersebut. Bahkan sebagian menggunakan apologi bahwa ibadah haji dan umroh khusus bagi mereka yang dipanggil oleh Allah untuk datang ke sana sehingga meski tak mempersiapkan apapun bila sudah dipanggil maka akan ada jalannya.

Alasan tersebut sepertinya hanya untuk orang-orang yang sekedar memiliki keinginan untuk datang ke Baitullah tapi tak ingin melakukan usaha untuk benar-benar mewujudkan impian tersebut. Padahal ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk bisa mendapatkan kesempatan melaksanakan ibadah haji dan umroh termasuk dengan mempersiapkan biaya haji dan umroh sedini mungkin.

Bagaimana Strategi untuk Mempersiapkan Biaya Haji dan Umroh

biaya haji dan umroh
Butuh strategi yang tepat untuk mempersiapkan biaya haji dan umroh. Agar niat ke Baitullah berjalan sukses dan lacar bukan sebaliknya

Walaupun terdengar sulit, biaya bukan kendala jika sudah memiliki niat yang kuat. Tinggal mengatur strateginya, supaya dapat berangkat secepatnya ke Baitullah dan menunaikan rukun Islam terakhir ini. Bagaimana itu bisa dilakukan? Simak uraian lengkap berikut ini.

  1. 1. Memiliki tujuan yang jelas untuk pergi ke Baitullah

Meski semua umat Islam bisa memiliki keinginan untuk bisa berkunjung ke tanah suci baik untuk berhaji ataupun umroh, tapi tak semua orang memiliki tujuan yang jelas terhadap keinginannya tersebut. Ketika Anda memang memiliki cita-cita mulia untuk bisa berkunjung ke tanah suci guna menunaikan kewajiban sebagai umat Islam dengan berhaji maka Anda pastinya akan melakukan berbagai upaya untuk bisa mewujudkan impian tersebut. Salah satu langkah nyata yang bisa Anda lakukan adalah dengan membuat target kapan Anda ingin berangkat haji atau umroh. Ini bisa memberikan dorongan serta motivasi untuk bisa mempersiapkan diri terutama dari segi keuangan untuk bekal berangkat ke tanah suci.

  1. 2. Mulai merubah gaya hidup menjadi lebih hemat

Memiliki gaya hidup hemat tak sama dengan pelit karena hemat memiliki tujuan untuk memenuhi beberapa kebutuhan yang memang dibutuhkan. Dengan memiliki gaya hidup hemat maka Anda bisa mengalokasikan anggaran yang Anda miliki secara cermat termasuk mengalokasikannya untuk persiapan dana keberangkatan ke tanah suci.

  1. 3. Memaksimalkan kemampuan untuk mendapatkan penghasilan tambahan

Inilah mengapa penting untuk mempersiapkan biaya haji dan umroh sejak dini terutama selagi masih muda dan produktif. Dengan kemampuan yang masih prima maka Anda bisa memaksimalkan segala kemampuan yang Anda miliki untuk bisa mendapatkan penghasilan lebih.

Bila penghasilan Anda selama ini hanya mampu mencukupi kebutuhan keseharian Anda dan keluarga. Anda sebaiknya mulai mempertimbangkan untuk mendapatkan penghasilan tambahan yang bisa Anda alokasikan untuk persiapan biaya haji ataupun umroh.

  1. 4. Memanfaatkan layanan tabungan haji

Saat ini, layanan perbankan juga menyediakan tabungan khusus bagi nasabah yang ingin mempersiapkan dana untuk keberangkatan haji dan umroh. Biasanya tabungan tersebut pun memiliki aturan yang lebih ketat dalam proses pengambilannya sehingga akan menjaga dana tersebut bisa tetap utuh untuk keperluan dana haji dan umroh.

Anda bisa mengatur dan mengelola tabungan haji dan umroh tersebut sesuai dengan kemampuan Anda sehingga Anda pun bisa lebih leluasa untuk menyiapkan pembiayaan haji dan umroh.

Pada dasarnya siapapun bisa memiliki kesempatan yang sma untuk bisa melaksanakan haji atau umroh baik yang berpenghasilan besar ataupun kecil. Ketika Anda memiliki niatan mulia untuk melaksanakan haji dan umroh maka Anda pastinya akan melakukan berbagai usaha untuk mewujudkannya dan diiringi dengan doa supaya bisa dipermudah oleh Allah. Jadi, meski biaya haji dan umroh mahal, ini tak berarti Anda tak bisa mempersiapkannya mulai sekarang.

Ibadah haji membutuhkan biaya yang tidak kecil, bahkan setiap tahun selalu mengalami kenaikan, karena biaya yang dikeluarkan menggunakan mata uang dollar sebagai standar. Fluktuasi harga menyulitkan memperkirakan besaran biaya haji untuk beberapa tahun mendatang, jika menyiapkan dananya dari sekarang. Sebaiknya merencanakan biaya haji, menggunakan perkiraan harga dalam dollar atau emas yang berkisar antara US$2,500–3,000 per jamaah, atau sekitar 250–300 gram emas murni.

Banyak yang harus dipersiapkan dan diperhatikan supaya ibadah haji dan umroh terlaksana dengan baik. Pastikan semua kebutuhannya sudah lengkap terpenuhi, sehingga dapat menjalani hari-hari di Baitullah dan menjalankan ibadah secara khusyu’ serta mendekatkan diri kepada Allah SWT. Insyaallah Anda akan menjadi insan yang lebih baik dan mulia, di hadapan Allah SWT. Amin.

Info Lebih Lanjut Biaya Haji dan Umroh Silahkan Menghubungi  :

Kantor Agen Bogor Timur :

RWPGrup Indonesia

Jl. Sukajaya I No.17, Jl. Raya Tajur – Bogor, Jawa Barat

(Pangkalan Ojeg Sukajaya I, disebelah Pool Bus Lorena/POM Bensi Lorena, lalu Kawasaki Motor)

Telp. : 0251 – 833 03 25

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ngobol yuk